Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Akan Alami Kenaikan

0
399
Tarif Tol Dumai-Pekanbaru

PT Hutama Karya (Persero) berencana akan melakukan kenaikan tarif beberapa ruas jalan tol, salah satunya Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dalam waktu dekat.

Kenaikan Harga Tol

Bukan hanya Tol Permai saja, PT Hutama Karya (Persero) akan melakukan kenaikan harga untuk beberapa ruas jalan tol di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji. Disampaikannya, ada beberapa ruas jalan tol yang akan mengalami kenaikan tarif. Di antaranya adalah Tol Medan-Binjai, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Palembang-Indralaya, dan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Terkait penyesuaian tarif tol akan segera kami sosialisasikan,” ujar Dwi, Rabu (10/5/2023).

Menurut Dwi, seharusnya tarif Tol Medan-Binjai, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, serta  Tol Palembang-Indralaya sudah disesuaikan sejak tahun 2021 atau 2022 lalu. Sedangkan untuk tarif Tol Pekanbaru-Dumai direncanakan akan mengalami kenaikan harga pada bulan September-Oktober 2023.

Terkait Kenaikan harga tol di Indonesia ini sudah sesuai dengan yang tertera dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 yang menyatakan bahwa jalan yang menyebutkan penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

Terkait alasan tarif Tol Medan-Binjai mengalami penundaan penyesuaian, Dwi mengatakan hal tersebut terjadi dikarenakan adanya penambahan investasi oleh perseroan di interchange di Tanjung Mulia sehingga perlu dilakukan perhitungan ulang.

“Jadi bukan hanya inflasi saja tapi karena ada penambahan terkait investasi atau perubahan lingkup. Tapi akan segera kami infokan,” terangnya.

Sementara itu, saat ini Untuk penyesuaian tarif Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Palembang-Indralaya masih dalam tahap pemeriksaan oleh regulator.

Tol Padang-Pekanbaru

Sebelumnya, dikabarkan Tol Padang-Pekanbaru akan selesai pada tahun 2024. Ruas Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini akan bermanfaat bagi perekonomian dan pariwisata kedua daerah tersebut.

Dengan menggunkan jalan tol perjalanan Padang-Pekanbaru waktu tempuh bisa menjadi kisaran 3 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Tidak hanya menyingkat waktu perjalanan saja, tol ini juga dapat membuat kelancaran distribusi logistik antar dua wilayah tersebut. tol ini dapat menghubungkan dua pelabukan laut yang berada di Padang dan Dumai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.