Tahan Buang Air Kecil? Ini Bahayanya Jika Kerap Diabaikan

0
345
Tahan Buang Air Kecil

Apakah Encik dan Puan salah satu dari banyaknya orang yang menyepelekan kebiasaan tahan buang air kecil (kencing)?

Saat ini masih banyak orang yang menahan buang air kecil dengan beragam alasan dan situasi tertentu. Misalnya, karena sedang asyik melakukan sesuatu hingga terlalu malas untuk pergi ke toilet.

Buang air kecil merupakan kebutuhan alami yang sangat penting dalam system urulogi untuk mengeluarkan limbah dan kelebihan cairan ditubuh. Kebiasaan sehari-hari menahan buang air kecil secara teratur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang loh.

Untuk membantu Encik dan Puan mengetahui lebih lengkap bahaya yang ditimbulkan akibat menahan buang air kecil, simak informasi di bawah ini.

Timbulnya Rasa Nyeri

Saat dalam situasi atau kondisi tertentu, banyak sekali orang yang berusaha untuk menahan keinginan buang air kecil. Namun, jika sudah terlalu sering kemungkinan bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau sakit di kandung kemih atau ginjal. Dampaknya, saat buang air kecil maka akan terasa menyakitkan.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Dalam beberapa kasus, menahan buang air kecil terlalu lama juga dapat menyebabkan penumpukan bakteri. Hal inilah yang nantinya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Selain itu, orang yang kurang minum mungkin mengalami ISK karena kandung kemih tidak memberi tahu tubuh untuk cukup sering buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan bakteri menyebar melalui saluran kemih, yang menyebabkan infeksi.

Berikut gejala ISK seperti yang dikutip dari Medical News Today:

  • Urine yang kuat atau berbau busuk
  • Perasaan terbakar atau menyengat saat buang air kecil
  • Urine keruh dan tidak berwarna
  • Nyeri di panggul atau perut bagian bawah
  • Urine berwarna gelap secara konsisten
  • Dorongan konstan untuk mengosongkan kandung kemih
  • Urine berdarah
Pembengkakan Kandung Kemih

Dalam jangka panjang, terlalu sering menahan buang air kecil dapat menyebabkan pembengkakan kandung kemih. Sehingga, kemungkinan akan membuat kandung kemih sulit atau tidak mungkin untuk berkontraksi dan mengeluarkan urine secara normal.

Untuk itu, disarankan bagi orang yang mengalami pembengkakan kandung kemih untuk konsultasi dengan dokter apakah tindakan ekstra, seperti kateter mungkin diperlukan.

Kerusakan Otot-otot Dasar Panggul Hingga Inkontinensia Urine

Bahaya selanjutnya akibat menahan buang air kecil terlalu lama yakni dapat membahayakan otot-otot dasar panggul. Salah satu otot ini adalah sfingter uretra, yang menjaga uretra tetap tertutup, untuk mencegah urine bocor keluar. Merusak otot ini dapat menyebabkan inkontinensia urine kehilangan kontrol kandung kemih.

Picu Batu Ginjal

Menahan buang air kecil juga bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal adalah ‘batu’ kecil yang terbentu dalam ginjal akibat kelebihan natrium dan kalsium yang tidak dikeluarkan secara teratur melalui urine sehingga membentuk batu ginjal.

Jika hal ini terjadi, kemungkinan akan terasa sakit ketika buang air kecil karena ginjal tersebut yang menghalangi aliran urine dari ginjal dalam proses pembentukan urine.

Itulah 5 bahaya yang bisa ditimbulkan akibat tahan buang air kecil. Penting untuk tidak menahan buang air kecil apalagi menjadikannya sebagai kebiasaan teratur, karena ada dampak buruk yang bisa mengintai kesehatan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.