Penyaluran Beasiswa Pemko Pekanbaru, Tunggu Anggaran Cair

0
357
Penyaluran Beasiswa Pemko Pekanbaru

Penyaluran bantuan beasiswa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini tinggal menunggu pencairan anggaran.

Penerima Beasiswa Telah Ditetapkan

Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra, menerangkan jika seleksi beasiswa Pemko Pekanbaru sudah dilaksanakan.

Kemudian, nama penerima beasiswa tersebut juga sudah ditetapkan. Namun saat ini dalam proses pencairan uang di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.

“Sudah ditetapkan, sekarang tinggal proses uangnya di BPKAD,” ungkapnya, Senin (5/6/2023).

Diketahui sebelumnya, terdapat 488 mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi beasiswa Pemko Pekanbaru dengan berbagai seleksi yang sudah ditetapkan. Untuk nama-nama tersebut silahkan klik ini.

Adapun mahasiswa yang akan menerima beasiswa Pemko Pekanbaru ini berasal dari mahasiswa jenjang Strata Satu (S1) serta Diploma Tiga (D3). Dimana mereka yang menerima beasiswa ini kemudian dibagi dalam empat kategori.

Pencairan Belum Bisa Dipastikan

Pihaknya berharap agar penyaluran beasiswa Pemko Pekanbaru dapat segera dicairkan. Hanya saja ia belum bisa memastikan berapa lama kira-kira pencairannya.

“Setelah proses selesai tentu segera dikirim kepada para mahasiswa,” jelasnya.

Pada tahun 2023 ini, Pemko Pekanbaru sendiri telah mengalokasikan untuk beasiswa sebesar Rp2 miliar yang berasal dari APBD Kota Pekanbaru.

Tri Sepna mengatakan bahwa menurut wacana, masing-masing beasiswa diberikan kepada mahasiswa senilai Rp4 juta perorang pertahun untuk mahasiswa jenjang S1 dan Rp3 juta bagi mahasiswa D-III.

Dari hasil seleksi yang dilakukan Pemko, terdapat 448 mahasiswa yang dinyatakan lulus. Dengan rinciannya adalah sebagai berikut, 257 mahasiswa berprestasi dari jenjang S1, dan 37 mahasiswa DIII. Kemudian 48 mahasiswa kategori berprestasi non-akademik dan 136 mahasiswa lainnya berasal dari keluarga kurang mampu.

Lebihi Kuota

Sebagai informasi, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun sebelumnya mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru memastikan akan memberikan beasiswa untuk seluruh mahasiswa yang sudah mendaftar serta memenuhi persyaratan.

Muflihun mengungkapkan, apabila jumlah pendaftar melebihi kuota yang disediakan, maka sisanya akan diberikan saat APBD Perubahan tahun 2023.

“Kuota sejak awal sudah kita siapkan untuk 400 mahasiswa. Tentunya kita akan seleksi,” ujarnya.

Meski untuk kuota yang diterima adalah 400 orang, namun Pemko Pekanbaru bisa memberikan beasiswa untuk 488 orang. Hal tersebut karena ada pergeseran, sehingga Pemko Pekanbaru bisa memberikan beasiswa untuk 488 orang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.