Siaga Darurat Karhutla Sudah Ditetapkan di 2 Daerah Riau

0
210
Siaga Darurat Karhutla

Encik dan puan, saat ini sudah ada 2 daerah di Provinsi Riau yang telah ditetapkan status siaga darurat karhutla.

BMKG Prediksi Riau Mengalami Kemarau Kering

BMKG memprediksi Provinsi Riau akan mengalami musim kemarau kering pada tahun 2023 ini.

Prediksi tersebut mungkin bisa aja terjadi atau tidak terjadi. Meskipun bergitu, karhutla telah terjadi di beberapa daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan antisipasi dengan cara mengimbau kabupaten/kota untuk segera menetapkan siaga darurat karhutla.

Jika dua kabupaten/kota sudah menetapkan status tersebut, maka provinsi juga akan melakukan hal yang sama.

2 Daerah di Riau Telah Tetap Status Siaga Karhutla

Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, mengatakan bahwa ia telah mendengar sudah ada dua kabupaten/kota yang menetapkan status siaga darurat karhutla.

“Saya sudah mendapat laporan, satu kota Pekanbaru dan kedua kota Bengkalis sudah menetapkan. Mudah-mudahan Rabu nanti kita sudah bisa menetapkan,” pungkas Gubri, Senin (13/2/2023).

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal juga membenarkan, bahwa sudah ada dua kabupaten/kota yang menetapkan status siaga tersebut dan ia juga menyebut untuk penetapan status siaga di provinsi tinggal menunggu keputusan dari gubernur saja.

Luas Daerah Yang Terkena Karhutla Tidak Begitu Luas

Edy juga mengatakan bahwa luas karhutla yang terjadi di beberapa daerah Riau ini memang belum begitu luas.

Namun, kesiagaan ini perlu dilakukan untuk mengingatkan bahwa Riau akan mengalami kemarau kering. Ia mengungkapkan bahwa luas lahan yang terkena karhutla ialah seluas 11 hektare.

Diketahui data yang tercatat di BPBD bahwa luas karhutla di Provinsi Riau paling tinggi ialah di Kota Pekanbaru yakni seluas 6,5 hektare, Kabupaten Bengkalis seluas 3,58 hektare, Kota Dumai seluas 1 hektare, Kabupaten Kampar seluas 0,75 hektare, dan Kabupaten Siak seluas 0,1 hektare. Sedangkan di Kabupaten lain masih belum terkena karhutla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.