PPDB SD-SMP Negeri Pekanbaru 2023, Ini Jadwalnya

0
439
PPDB SD-SMP Negeri Pekanbaru

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD-SMP Negeri Pekanbaru 2023 direncanakan akan dimulai pada tanggal 26 Juni 2023 mendatang.

Sebelumnya, PPDB tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru dikabarkan segera dimulai pada akhir Bulan Juni 2023 mendatang. Untuk tahun ajaran baru sendiri akan dimulai pada tanggal 10 Juli mendatang.

Sebagai informasi, untuk jalur PPD SMP Negeri Pekanbaru 2023 dilakukan secara online. Para calon peserta didik bisa mengakses laman website PPDB di pekanbaru.demo.siap-ppdb.com. Sedangkan PPDB SD Negeri Pekanbaru 2023 tidak menggunakan sistem online.

PPDB Masih Secara Zonasi

Adapun sistem PPDB sendiri hingga saat ini masih secara zonasi. Hal tersebut sesuai dari surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Ada beberapa jalur dalam PPDB SD dan SMP Negeri Pekanbaru 2023 kali ini yaitu:

  • Zonasi untuk masyarakat setempat
  • Affirmasi untuk masyarakat miskin
  • Pindah luar kota
  • Prestasi
  • Hafidz Quran (bagi peserta didik yang hendak masuk SMP Negeri)

Diungkapkan Jamal, untuk mereka yang hafal dua hingga lima juz disarankan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru agar bisa diterima di SMP negeri pilihannya.

“Kalau dia memang Hafidz Quran, baik dua atau lima juz maka bisa diterima langsung di SMP negeri,” ulasnya.

Jumlah Kuota PPDB Pekanbaru 2023

Untuk kuota, Jamal belum membeberkan jumlah kuota dalam PPDB SD dan SMP Negeri Pekanbaru 2023. Namun dia memperkirakan akan ada penurunan kuota dalam PPDB tahun ini.

“Jumlahnya masih kita hitung secara rinci, apalagi ada dua SMP baru, yang bakal menerima peserta didik baru,” ujarnya.

PPDB SD-SMP Negeri Pekanbaru 2023 Tahap Sosialisasi

Jamal mengatakan bahwa saat ini segera memasuki tahap sosialisasi kepada calon peserta didik. Pihaknya segera menyampaikan tautan untuk PPDB tingkat SMP negeri. Maka pihak orang tua bisa mendaftarkan anaknya di rumah.

Kemudian, orang tua lantas melakukan verifikasi di sekolah terdekat. Jika ada mengalami kendala saat mendaftar dalam PPDB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.