PPDB SD SMPN Pekanbaru Dibuka Akhir Juni 2023

0
159
PPDB SD SMPN Pekanbaru

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMPN tahun 2023 di Kota Pekanbaru akan segera dimulai pada akhir Bulan Juni 2023 mendatang.

Jalur PPDB SD SMPN Pekanbaru

Tahun ajaran baru 2023 akan buka pada tanggal 10 Juli 2023, untuk masuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang diinginkan tentunya perlu melakukan pendaftaran melalui jalur PPDB ini.

Dalam melakukan pelaksanaan PPDB pada tahun 2023 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Disdik Kota Pekanbaru dan Kemendikbud Ristek juga membahas terkait kuota PPDB SD dan juga SMPN.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyampaikan bahwa pembukaan PPDB pada SD sama dengan SMPN yang dijadwalkan pada akhir Juni 2023.

Pelaksanaan PPDB SMPN akan dilakukan secara online sehingga membuat jumlah kuota PPDB dikoordinasikan oleh Kemendikbud Ristek.

Abdul Jamal menjelaskan bahwa pada tahun ini, kuota PPDB tidak akan dikurangi dan akan mengalami pertambahan dibandingkan tahun lalu.

Jalur Pendaftaran PPDB

Ia juga menjelaskan bagaimana jalur pendaftaran PPDB. Sebelum melakukan pendaftaran, Calon Peserta didik diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu laman PPDB.

Nantinya proses verifikasi akan dilakukan petugas PPBD di sekolah. Untuk memilih sekolah yang akan dipilih calon peserta didik dapat memilih sekolah yang memiliki lokasi terdekat dari tempat tinggal.

Para calon peserta didik bisa memilih dua atau lima sekolah untuk menjadi pilihan yang masuk ke dalam zonasi.

“Kita beri pilihan lima, nantinya calon peserta bisa pilih dua dari alternatif pilihan yang ada,” jelasnya.

Jamal juga menyampaikan bahwa untuk peserta PPDB SD negeri dilakukan secara offline dengan syarat utama ialah harus memiliki umur sudah berumur 7 tahun.

Terkait umur peserta calon didik baru, ia mengatakan bahwa umur merupakan hal yang menentukan diterimanya atau tidak

“Mereka tentu bisa memilih sekolah sesuai zonasi yang ada. Kalau usia tujuh tahun sudah pasti diterima, tergantung zonasi juga,” ungkap Jamal.

Saat ini total SD Negeri yang terdaftar ialah ada sebanyak 177 SD dan 49 SMP Negeri di Kota Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.