Perbaikan Jalan Suka Karya Tuntas, Parit Akan Dibenahi

0
149
Perbaikan Jalan Suka Karya

Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah selesai melakukan perbaikan Jalan Suka Karya, Kecamatan Tuah Madani, dengan sistem overlay atau pelapisan aspal ulang.

Melalui Dinas PUPR, Pemko Pekanbaru telah menuntaskan perbaikan jalan yang dikenal masyarakat Panam sebagai Jalan Kualu tersebut.

Proses Overlay

Adapun proses overlay dilakukan mulai dari simpang antara Jalan Suka Karya dengan Jalan HR Soebrantas. Untuk diketahui, jalan tersebut mengalami kerusakan yang parah. Dimana kondisinya berlubang dan sering tergenang air karena aliran drainase tidak normal.

Jalan Suka Karya yang di-overlay tersebut mulai dari simpang Jalan HR Soebrantas sampai ke jembatan perbatasan Kota Pekanbaru-Kampar.

Tinggal Perbaikan Parit

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah menerangkan, perbaikan overlay Jalan Suka Karya sendiri telah selesai. Meski demikian, pekerjaan yang dilakukan kontraktor saat ini tinggal pelaksanaan perbaikan parit di sepanjang jalan itu.

“Jadi untuk overlay itu cepat, yang lama itukan (perbaikan) paritnya,” ujarnya, Senin (5/6/2023).

Edward menegaskan, proses proyek perbaikan Jalan Suka Karya Pekanbaru sudah mencapai 80 persen. Dimana 20 persennya tersebut hanya tinggal perbaikan paritnya.

“Kalau untuk masa kerjanya itu 120 hari,” lanjutnya.

Kondisi parit di Jalan Suka Karya Pekanbaru sendiri tampak tidak berfungsi, baik yang berada di kiri maupun di kanan jalan. Terlihat banyak sampah dan material yang menimbun parit. Yang mana parit tidak saling terhubung, akibat timbunan tersebut.

“Jadi meski sudah di-overlay, Jalan Suka Karya masih tergenang air saat diguyur hujan deras,” ucap Edward.

Bikin Nyaman Dilalui

Dengan telah selesai perbaikannya Jalan Suka Karya Pekanbaru ini, maka warga sudah bisa berkendara dengan aman. Diharapkan tidak lagi rawan terjadi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan karena kondisi badan jalan rusak parah.

Sebagai informasi, overlay Jalan Suka Karya ini merupakan pemeliharaan jalan berkala. Dengan nilai kontrak proyek ini mencapai Rp2.794.756.087 yang berasal dari APBD Kota Pekanbaru.

Sementara itu kontraktor pelaksana adalah PT Virajaya Riauputra. Sedangkan konsultan pengawas yaitu CV Cipta Rekayasa Arsitektur.

Overlay 2 Jalan Lagi

Di tahun 2023 ini, Pemko Pekanbaru akan melakukan perbaikan jalan secara overlay untuk dua ruas lain selain Jalan Suka Karya. Dua ruas jalan lainnya yakni Jalan Delima serta Jalan Dahlia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.