Parkir di Area SPBU, Ini Kata Dishub Pekanbaru

0
310
Parkir di Area SPBU

Permasalahan parkir di Kota Pekanbaru, seakan tidak ada habisnya. Terbaru yang kini jadi sorotan masyarakat yakni perihal parkir di area SPBU. Sehingga muncul anggapan di tengah masyarakat Kota Pekanbaru, juru parkir (jukir) ada di mana-mana.

Posisi Jukir

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah memastikan bahwa tidak menempatkan jukir pada retail yang berada di dalam area SPBU.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kadishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, Sabtu (3/6/2023). Diutarakannya, penempatan juru parkir hanya berada di area SPBU yang bersinggungan langsung dengan badan jalan.

Fasilitas Umum

Ia juga mencontohkan ATM sebagai salah satu fasilitas SPBU. Yang mana lokasinya berada di dalam areal SPBU, maka tidak ada jukirnya.

Menurutnya, hal tersebut sama saja dengan toilet di dalam SPBU yang merupakan fasilitas umum. Jika retail yang berada di ruang lingkup SPBU itu merupakan fasilitas yang di SPBU, maka tidak ada ditempatkan jukir di sana.

Meski demikian, Yuliarso menyebutkan bahwa jika retail tersebut bersinggungan langsung dengan jalan atau berada di depan dan masih berada di lingkungan SPBU, maka ada jukirnya.

“Karena SPBU sendiri merupakan fasilitas umum,” tegasnya.

Masyarakat Bisa Lapor

Pihaknya juga meminta agar masyarakat Kota Pekanbaru memperhatikan betul kondisi perparkiran. Baik itu di ruang milik jalan, maupun parkir di luar milik jalan, semuanya telah diakomodir aturannya melalui Perwako yang diterbitkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Boleh Tidak Bayar Parkir

Yuliarso juga menyampaikan kepada masyarakat Kota Pekanbaru untuk tidak membayar parkir, jka jukir yang tidak memberikan karcis. Ia juga berpesan agar masyarakat yang menggunakan jasa parkir, untuk meminta karcis dari jukir.

Selain itu pihaknya juga akan terus memberi pembekalan terhadap jukir, terutama masalah layanan yang diberikan kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Adapun pengawasan ini, menurutnya perlu dilakukan agar layanan yang diberikan dapat maksimal.

“Minta karcis pada jukir, sebab karcis sudah diberikan kepada mereka,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.