Pengidap Kolesterol Hindari Makan Ini

0
219
pengidap kolesterol

Encik dan puan, makanan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor penyebab datangnya penyakit. Sebut saja salah satunya bagi pengidap kolesterol tinggi.

Seorang pengidap kolesterol tidak boleh makan makanan yang memicu kadar kolesterol menjadi tinggi. ketika kadar kolesterol tinggi ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang disebut dengan kardiovaskular.

Maka dari itu, inilah beberapa makanan yang harus pengidap kolesterol hindari agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak tinggi. Ini dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI dan Healthline.

Hindari Makan Makanan ini
1. Gorengan

Salah satu makanan yang dapat memicu kolesterol menjadi lebih tinggi adalah gorengan. Hal ini dikarenakan makanan yang diolah dengan cara digoreng dapat mengandung kolesterol yang tinggi, apalagi kalau makanan ini digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah digunakan berkali-kali.

2. Otak Sapi dan Jeroan

Kemudian otak sapi dan jeroan, perlu diketahui dalam 10 gram otak sapi mengandung 2.500 mg kolesterol. Alangkah lebih baik, hindari memakan makanan yang bersumber dari hewani yang mengadung lemak jenuh yang tinggi.

3. Kuning Telur

Diketahui dalam kuning telor terdapat kandungan kolesterol yang sanggat tinggi dari pada makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telor terdapat kandungan kolesterol sebanyak 1.200 miligram, jumlah ini sama dengan 400 persen lebih banyak dari pada kolesterol yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

4. Makanan Manis

Tidak hanya pada makanan gurih atau pedas saja, makanan manis juga mengandung kolesterol yang tinggi seperti kue, cookies, dan roti. Apalagi biasanya makanan manis memiliki nutrisi yang tidak seimbang antara gula dan vitamin.

5. Butter

Selanjutnya ialah butter, di dalam 100 mg butter terkandung sebanyak 215 mg kolesterol dan dalam 1 sendok makan terkandung sebanyak 20 mg kelesterol. Sebaiknya Encik dan Puan memperhatikan makananan yang mengandung butter seperti roti, kue dan lain sebagainya agar kolesterol dalam tubuh tidak tinggi.

6. Udang

Udang memang makanan yang bergizi, namun juga mengandung kolesterol yang tinggi. Diketahui kolesterol yang terkandung di dalam udang ada sebanyak 55 mg dalam 1 ons udang.

7. Makanan Cepat Saji

Pada makanan cepat saji terkandung kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung minyak jenuh.

Lebih Baik Makanan Ini Saja

Lalu sebaiknya pengidap kolesterol makan apa ya? Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk Encik dan Puan yang pengidap kolesterol agar dapat menurunkan dan menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh.

  1. Memakan biji-bijian gandum dan berbagai macam serealia dengan kulit ari yang masih utuh.
  2. Memasak makanan dengan menggunakan minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun.
  3. Mengonsumsi ikan setidaknya 2-3 porsi per minggu, dengan memakan ikan dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh dengan dua cara, yaitu sebagai pengganti daging dan sumber lemak omega-3 sebagai penekan LDL.
  4. Mengonsumsi kacang-kacangan yakni seperti kacang merah dan almond.
  5. Lalu mengonsumsi buah-buakan seperti  apel, anggur, dan jeruk yang kaya akan kandungan pektin yang sebagai serat larut yang menekan LDL.
  6. Mengonsumsi terong juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. pasalanya di dalam terong terkandung serat larut tinggi dan kemudian mengonsumsi avokad yang tinggi kandungan lemak tidak jenuhnya.
  7. terakhir, encik dan puan dapat mengonsumsi kedelai dan produk olahan dari kedelai, yakni seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.