Rekomendasi Makanan Khas Riau yang Mudah Didapat

290
7 Rekomendasi makanan khas riau

Encik dan Puan yang sedang berkunjung ke Riau khususnya ke Kota Pekanbaru, yuk cobain makanan khas Riau yang mudah didapat.

Riau juga memiliki beberapa makanan khas sebagai makanan jamuan yang wajib dicoba kalau sudah sampai di Tanah Melayu tersebut. Makanan khas Riau memiliki cita rasa yang gurih, dan tentunya memiliki perbedaan tersendiri dari makanan daerah lain.

Oh iya, bagi Encik dan Puan yang ingin menikmati santapan makanan khas Riau tersebut cukup mudah di dapatkan. Karena rata-rata rumah makan khas Melayu yang ada di Kota Pekanbaru menyajikan menu-menu tersebut.

7 Rekomendasi Makanan Khas Riau yang Mudah Didapat

Adapun 7 rekomendasi makanan khas Riau Pekanbaru yang wajib kamu cobain tersebut, diantaranya:

Gulai Baung

Sebagai salah satu makanan khas Riau, gulai ikan baung memiliki cita rasa gurih. Biasanya menggunakan ikan baung yang langsung ditangkap dari sungai. Sehingga rasanya lebih segar dan enak ketika dimakan.

Asam Pedas Ikan Patin

Asam pedas ikan patin terbuat dari ikan patin yang dikombinasikan dengan rempah-rempah makanan lainnya. Untuk cita rasanya sendiri memiliki rasa asem dengan kombinasi pedas yang dijamin membuat nagih terutama pecinta kuliner.

Gulai Belacan

Gulai Belacan ini umumnya menggunakan udang berukuran sedang. Bisa juga menggunakan ayam atau ikan laut. Sesuai namanya, Gulai Belacan khas dengan sentuhan belacan atau terasi dalam bahasa melayu. Pedas dan nikmat menggugah selera makan.

Gulai ikan selais

Ikan selais merupakan habitat ikan yang biasa hidup di air tawar. Ikan selais cukup mudah didapatkan di sungai-sungai yang ada di Riau. Sehingga ikan ini diolah menjadi makanan khas Riau, salah satunya gulai ikan selais.

Ikan asap selais

Selain diolah menjadi gulai, ikan selais biasanya juga dibuat menjadi ikan asap. Setalah diasapi, kemudian diolah kembali menjadi berbagai menu makanan. Bisa digulai, atau digoreng.

Mie Sagu

Sesuai namanya, mie sagu terbuat dari sagu yang banyak dibudidayakan di Provinsi Riau. Mie sagu bisa diolah sedemikian rupa, bisa berbentuk mie kuah atau kue goreng tergantung selera.

Bedanya mie sagu di Riau dan kue sagu dari daerah lain adalah rasa dari bumbu dari kue tersebut. Jadi bagi Encik dan Puan yang penasaran dengan nyobain mie sagu makanan khas Riau yang satu ini, bisa didapatkan dibeberapa tempat makan dan kafe di Riau.

Mie lendir

Mie lendir terbuat dari mie biasa yang memiliki cita rasa yang gurih, cenderung manis tapi tidak terlalu. Akan tetapi kuah mie lendir dibuat dengan beberapa bahan seperti kacang tanah, ubi jalar, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan tepung maizena. Sehingga dari bahan-bahan tersebutlah yang membuat mie ini memiliki perbedaan dari mie kuning pada umumnya.

Itulah 7 rekomendasi makanan khas Riau yang mudah kamu didapat dan wajib Encik dan Puan cobain jika berkunjung ke Kota Pekanbaru. Biasanya makanan khas Riau tersebut akan tersedia di beberapa rumah makan atau kedai kopi khas Riau yang bisa di search di Google.