Turunkan Kolestrol Tinggi Dengan Konsumsi 7 Buah Ini

216
Turunkan Kolestrol Tinggi

Tubuh kita membutuhkan kolesterol agar bekerja dengan baik. Meski demikian, diperlukan kontrol untuk turunkan kolestrol tinggi.

Karena saat kolesterol naik, maka lemak darah tersebut dapat mengendap pada dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Lama-kelamaan endapan lemak ini akan mengeras di dinding pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal inilah yang bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Oleh sebab itu, kadar kolesterol dalam darah harus terus dikontrol. Jika terlalu tinggi, bisa memunculkan penyakit berbahaya lain. Dengan menjaga pola makan sehat bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, terdapat beberapa makanan yang bisa menjaga kadar kolesterol stabil dalam darah. Beberapa di antaranya adalah sayur dan buah-buahan.

Berikut 7 buah-buahan yang dapat turunkan kolestrol tinggi:

Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pisang bisa menurunkan kolesterol dengan cara membersihkan dari saluran pencernaan, sehingga kolesterol tidak menyumbat aliran darah dan arteri. Demi kesehatan pembuluh darah dan jantung, konsumsi pisang setiap pagi.

Apel
Apel juga mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, lalu dikeluarkan dari tubuh lewat urin dan feses. Selain makan langsung buah apel, Ncik dan Puan juga bisa konsumsi cuka apel yang ampuh dalam meningkatkan HDL. Bagi penderita diabetes tipe 2, cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Mangga
Vitamin C pada buah tropis ini juga berperan dalam membantu menurunkan kolestrol. Mangga memiliki kalium yang tinggi, kalium sendiri mampu menyeimbangkan sel cairan tubuh, mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Selain menstabilkan kolesterol, mangga juga bagus dikonsumsi bagi Ncik dan Puan yang memiliki penyakit jantung.

Anggur
Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah anggur. Anggur mengandung antioksidan quercetin yang dapat mencegah peradangan dalam tubuh. Buah penurun kolesterol satu ini juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas. Ncik dan Puan cukup memakan sekitar 200 gram anggur untuk mengurangi tanda-tanda peradangan.

Pepaya
Tanaman pepaya memang dikenal sebagai tanaman multiguna sebab dari akar hingga daun semua bisa berguna untuk manusia maupun hewan. Pepaya juga dapat menurunkan kolestrol karena kandungan vitamin C dan E di dalamnya. Saat Ncik dan Puan makan pepaya, vitamin C dan E di dalamnya akan menyatu dengan enzim paraxonase, lalu kesatuan ini mampu menghambat terjadinya proses oksidasi kolesterol pada pembuluh darah.

Tomat
Selain pisang, tomat juga kaya akan kalium serta vitamin A dan C. Senyawa likopen yang terkandung di dalam tomat juga sangat efektif mengurangi kolesterol. Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi 60 gram tomat atau sari dari satu buah tomat setiap hari sudah cukup untuk memperoleh khasiat buah tomat. Buah penurun kolesterol yang satu ini hampir bisa dipastikan kalau mudah didapatkan di manapun.

Semangka
Semangka memiliki kandungan yang sama dengan buah penurun kolesterol sebelumnya, yaitu likopen. Karenanya semangka masuk dalam daftar buah-buahan yang bagus dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Semangka yang tersusun dari 92% air juga akan membuat tubuh terhidrasi setelah menyantapnya.

Selain itu, penting juga untuk tahu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari demi menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak melonjak tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Hindari konsumsi terlalu banyak sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Hindari konsumsi terlalu banyak gula yang meningkatkan risiko kelebihan berat badan, penyakit jantung, diabetes, dan tentu saja kolesterol.
  • Selalu baca label komposisi makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Demi menjaga kadar kolesterol agar tetap rendah dan mengurangi risiko komplikasi penyakit lainnya, Ncik dan Puan harus disiplin menjaga pola makan serta menjalani gaya hidup sehat.