Anugerah Pariwisata Riau 2023, Berikut Daftar Pemenangnya

0
387
Anugerah Pariwisata Riau 2023

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau resmi menggelar kegiatan Anugerah Pariwisata Riau 2023 yang melibatkan peserta dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Anugerah Pariwisata Riau 2023 tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (31/1/2023) malam. Bersamaan dengan peluncuran Kalender Event Pariwisata Riau 2023.

Dibuka oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, ada delapan kategori yang dilombakan dalam Anugerah Pariwisata Riau 2023. Di antaranya kategori makanan tradisional terpopuler, minuman tradisional terpopuler, promosi pariwisata digital terpopuler, dan cinderamata terpopuler.

Kemudian, ada kategori atraksi budaya terpopuler, festival pariwisata terpopuler, lokawisata atau destinasi baru terpopuler. Serta dinas pariwisata kabupaten/kota di Riau terpopuler.

Daftar Pemenang

Adapun peraih Anugerah Pariwisata Riau 2023 untuk kategori makanan terpopuler yaitu Makauhe Tumpah dari Kepulauan Meranti. Kategori Minuman Terpopuler diraih oleh Kopi Caghonti dari Kuantan Singingi.

Selanjutnya kategori promosi pariwisata digital terpopuler adalah, instagram @pesonasiak. Untuk kategori Cinderamata Terpopuler yakni tas dan kerajinan lidi sawit Rokan Hulu (Rohul).

Kategori atraksi budaya terpopuler yaitu Calempong Oguong dari Kampar. Kategori Festival Pariwisata Terpopuler adalah Culture Paradise Rupat Festival, Bengkalis.

Selanjutnya, kategori Destinasi Wisata Baru Terpopuler adalah Air terjun Selanca Rohul. Terakhir kategori Dinas Pariwisata kabupaten/kota terpopuler diraih oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Bengkalis.

Bentuk Apresiasi

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat mengatakan, Anugerah Pariwisata Riau 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota dalam membangun sektor pariwisata.

Pertumbuhan sektor pariwisata di Riau, diyakininya tidak terlepas dari kolaborasi serta dukungan dari komunitas, organisasi pariwisata, pelaku bisnis, media, dan stakeholder lainnya yang selalu bersama untuk menjadikan pariwisata Riau ke arah yang lebih baik.

Roni mengakui bahwa Dinas Pariwisata Riau masih membutuhkan dukungan semua pihak, dalam memajukan industri pariwisata di Riau. Menurutnya kebersamaan itu penting, bukan sekadar menjaga silahturahmi saja tapi dapat menghasilkan suatu yang lebih baik.

“Dengan bersama selalu ada harapan di ujung jalan perjuangan,” katanya.

Butuh Perhatian

Wagubri Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang senantiasa yang perlu mendapatkan perhatian.

Karena menurutnya, sektor ini termasuk sektor yang strategis dalam menghadirkan kantong-kantong perekonomian yang baru, sehingga sektor kepariwisataan harusnya melibatkan banyak pihak.

“Pasca meredanya pandemi galeri kepariwisataan Riau bertambah cukup signifikan dan paling mengembirakan mayoritas objek yang baru itu berasal dari pegiat kelompok wisata lokal,” ucap Wagubri.

Launching Kalender Pariwisata Riau 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.