Penghasil Padi di Riau, Ini Daerahnya

0
1342
Penghasil Padi di Riau

Tidak hanya memproduksi sawit, ternyata Riau juga termasuk daerah penghasil padi. Di Provinsi Riau sendiri, penghasil padi di Riau tersebut tersebar di beberapa daerah. Bahkan Kota Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau, juga menjadi daerah penghasil padi.

Data Produksi Beras di Riau

produksi beras di Riau

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dijelaskan jika pada tahun 2022 lalu produksi beras di Riau mencapai 122,56 ribu ton. Kemudian pada periode Januari−April 2023 ini diperkirakan produksi beras Riau mencapai 22,25 hektare.

BPS menerangkan, estimasi luas panen padi Januari-Desember 2022 mengalami penurunan sebesar 3,78 persen jika dibandingkan dengan periode Januari-Desember 2021 lalu.

Selanjutnya, potensi luas panen Januari-April 2023 diperkirakan mencapai sekitar 22,26 ribu hektare. Atau mengalami penurunan sebesar 10,97 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Daerah Penghasil Padi

Adapun daerah penghasil padi di Riau terluas periode Januari-April 2023 tersebut, diantaranya:

1. Kabupaten Rokan Hilir

Kabupaten Rokan Hilir atau yang sering disingkat dengan Rohil merupakan daerah penghasil padi terbanyak di Bumi Lancang Kuning. Adapun produksi padi dari Rohil sendiri sebanyak 14.454 ton pada bulan Januari-April 2023 ini.

2. Kabupaten Indragiri Hilir

Kemudian daerah selanjutnya adalah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dengan total produksi padi sebanyak 9.964 ton.

3. Kabupaten Pelalawan

Lalu daerah penghasil padi selanjutnya ada di Kabupaten Pelalawan. Meski terkenal dengan lahan sawitnya, Kabupaten Pelalawan berhasil memproduksi padi mencapai 8.727 ton.

4. Kabupaten Siak

Ternyata Kabupaten Siak juga termasuk daerah penghasil padi terbanyak di Riau lho. Menempati posisi ke empat periode Januari-April 2023, dengan jumlah produksi padinya mencapai 3.351 ton.

5. Kabupaten Kepulauan Meranti

Meskipun di daerah kepulauan, Kabupaten Kepulauan Meranti juga memiliki sentra padi. Pada periode Januari-April 2023 ini saja Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil panen sebanyak 3.255 ton.

6. Kabupaten Bengkalis

Terakhir daerah penghasil padi terbesar pada periode Januari-April 2023 ini ada di Kabupaten Bengkalis dengan total 2.831 ton.

Itulah tadi enam daerah penghasil padi di Bumi Lancang Kuning dengan urutan yang terluas periode Januari-April 2023. Semoga tulisan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.