Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Provinsi Riau

0
2658
Daerah Penghasil Kelapa Sawit

Encik dan Puan, tahu kah daerah mana saja yang menjadi daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Provinsi Riau?

Berdasarkan data dari BPS Riau, terdapat ada 5 Daerah Penghasil Kelapa Sawit terbanyak di Provinsi Riau. Berikut Penjelasannya.

Riau Penghasil Kelapa Sawit Terbanyak Se-Indonesia

Riau merupakan provinsi yang memiliki luas perkebunan sawit terbesar di Indonesia. Dilansir dari data yang tercatat di BPS, luas lahan kelapa sawit di Provinsi Riau pada tahun 2021 mencapai hingga 2,86 juta hektare. Tentunya angka ini meningkat setiap tahun.

Tercatat pada tahun 2021 jumlah produksi kelapa sawit di Provinsi Riau mencapai hingga 3.853.271 ton.

Jumlah produksi kelapa sawit yang banyak ini berasal dari 10 kabupaten dan 2 kota yang ada di Provinsi Riau. Daerah yang menghasilkan kelapa sawit ini memiliki jumlah produksi yang berbeda-beda.

Ada daerah yang memproduksi kelapa sawit dengan jumlah yang banyak ada juga daerah yang memproduksi dengan jumlah yang sedikit.

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbanyak

Berdasarkan data yang dicatat oleh BPS Provinsi Riau tahun 2021, terdapat 4 kabupaten yang menghasilkan lebih dari 500 ribu ton kelapa sawit per tahunnya. Berikut 4 daerah penghasil kelapa sawit terbanyak di Provinsi Riau:

1. Kabupaten Rokan Hulu

Peringkat pertama ialah Kabupaten Rokan Hulu. Diketahui jumlah produksi di Kabupaten Rokan Hulu ini mecapai 690.943 ton pada tahun 2021. Dengan jumlah yang banyak tersebut, tak heran jika Kabupaten Rokan Hulu menjadi daerah terbanyak yang memproduksi kelapa sawit di Provinsi Riau.

2. Kabupaten Pelalawan

Selanjutnya, daerah yang menduduki peringkat kedua setelah Kabupaten Rokan Hulu ialah Kabupaten Pelalawan. Jumlah kelapa sawit yang diproduksi di Kabupaten pelalawan pada tahun 2021 adalah sebanyak 646.192 ton.

3. Kabupaten Kampar

Peringkat ketiga daerah di Provinsi Riau yang memproduksi kelapa sawit hingga 500 ribu ton lebih pada tahun 2021 ialah Kabupaten Kampar. Tercatat jumlah produksi kelapa sawit di Kabupaten Kampar ini mencapai hingga 560.138 ton pada tahun 2021.

4. Kabupaten Rokan Hilir

Daerah terakhir dengan produksi kelapa sawit hingga 500 ribu ton lebih pada tahun 2021 ialah Kabupaten Rokan Hilir. Total 511.349 ton yang dihasilkan daerah yang dikenal sebagai Negeri Seribu Kubah ini.

Itulah Encik dan Puan, 4 top daerah yang menghasilkan kelapa sawit terbanyak di Provinsi Riau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.