Penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur Kembali Beroperasi

142
Penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur

Penerbangan internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II kembali bertambah, yakni rute penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur.

Penerbangan internasional dengan maskapai Malaysia Airlines ini mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Kuala Lumpur. Dengan nomor penerbangan MH-841, Minggu (18/9/2022) pukul 17.50 WIB.

Adapun sebelumnya penerbangan internasional rute Melaka-Pekanbaru dengan maskapai Batik Air Malaysia telah dibuka kembali 12 September 2022 lalu.

Dengan demikian, ini menjadi rute penerbangan kedua yang dilayani Bandara SSK II Pekanbaru. Setelah sebelumnya, Bandara SSK II Pekanbaru telah diizinkan oleh pemerintah pusat untuk membuka rute penerbangan internasional.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Disambut Meriah

Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan mengatakan, ada 156 penumpang tiba di Pekanbaru pada penerbangan perdana Pekanbaru-Kuala Lumpur tersebut.

Penumpang tersebut kemudian disambut prosesi water salute dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru. Mereka juga disambut secara simbolis dengan pengalungan bunga oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Provinsi Riau Savitri Handayani. Lalu pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II M Hendra Irawan kepada pilot dan pramugari Malaysia Airlines.

Bukti Penerbangan Internasional Pulih

Diungkapkan Irawan, dengan adanya penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur ini menjadi bukti dari upaya pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia.

“Selain itu, ini juga menambah pilihan destinasi bagi masyarakat yang akan berpergian ke Malaysia,” ungkap Irawan.

Sementara itu Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Riau Savitry Handayani berharap, dengan dibukanya kembali direct flight dari Kuala Lumpur – Pekanbaru oleh Malaysia Airlines pasca pandemi COVID-19 ini akan memberikan semangat baru.

Pihaknya juga optimis bahwa tingkat kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia ke Provinsi Riau akan semakin meningkat. Ia mengungkapkan, setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat Malaysia Airlines tersebut berangkat kembali ke Kuala Lumpur.

“Dengan menggunakan nomor penerbangan MH-840, membawa 158 penumpang pada pukul 19.50 WIB,” pungkasnya.