Ruas Tol Pekanbaru Bangkinang Sudah Laik Fungsi & Jalan

146
Ruas Tol Pekanbaru Bangkinang

Konstruksi pekerjaan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang kini sudah 100 persen siap. Meski demikian, jalan bebas hambatan tersebut belum bisa dipastikan kapan mulai dioperasikan dan diresmikan.

Laik Fungsi & Laik Jalan

Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko mengatakan bahwa pihaknya sudah mengantongi sertifikat laik fungsi dan laik pakai dari Bina Marga Kemen PUPR.

Lebih lanjut ia mengatakan, keluarnya sertifikat tersebut menandakan jalan tol yang menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah. Yaitu mulai dari akses masuk Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, hingga ke pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

Bambang menyatakan bahwa pihaknya sudah siap jika memang tol akan segera dioperasikan. Terlebih lagi, lanjutnya, sertifikat laik pakai juga sudah ada.

Pernah Dioperasikan

Adapun sebelumnya pada 26 April 2022 lalu, ruas tol ini sudah diuji coba untuk mudik. Yang mana ditandai pengguntingan pita oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal dan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

Masuk 6 Ruas Tol Yang Akan Diresmikan

Diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ruas tol Pekanbaru-Bangkinang termasuk salah satu dari 6 ruas tol baru sepanjang 87 km yang akan dioperasikan.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pengoperasian ruas tol tersebut tergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) apakah ingin meresmikannya atau tidak.

Tol Pekanbaru-Bangkinang sendiri merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Dengan main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Perpendek Jarak

Sebelumnya jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km. Dengan waktu yang ditempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sementara itu jika menggunakan tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera Pekanbaru-Padang, jarak tempuhnya dipangkas. Yakni hanya sekitar 30-45 menit.