Pembangunan Tol Pekanbaru-Pangkalan Akan Rampung Tahun Ini

0
649
pembangunan tol pekanbaru-pangkalan

Encik dan puan, pembangunan Tol Pekanbaru-Pangkalan yang merupakan bagian dari ruas Tol Pekanbaru-Padang akan rampung pada tahun 2023 ini.

Tol Pekanbaru Bangkinang Telah Diresmikan

Sebelumnya, pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) berhasil dituntaskan dengan panjang lintasan sejauh 40 km. Pada bulan januari lalu, jalan tol pekbang ini telah diresmikan oleh presidan RI Joko Widodo. Sebagai informasi, pengerjaan tol ini tinggal 6 km lagi. Demikian yang diungkapkan oleh Project Director PT Hutama Karya (HK) Jalan Tol Pekbang, Bambang Eko Jumat (3/2/2023) lalu.

Progres Pembangunan Tol Pekanbaru-Pangkalan

Sementara untuk pengerjaan ruas Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I baru rampung sepanjang 24,7 km. Yang ditargetkan akan selesai pada Desember 2023 mendatang.

Project Director PT HK Jalan Tol Ruas Bangkinang-Pangkalan, Bambang Hendrarto juga mengungkapkan, dalam menyelesaikan proyek Tol Bangkinang-Pangkalan ini terdapat beberapa kendala terkait pengadaan tanah dan perizinan.

“Pertama, belum bisa bekerja di lokasi ex kawasan hutan. Kedua, lokasi exit Tol belum dapat dikerjakan karena masuk penetapan lokasi (Penlok) tambahan,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pihaknya akan menindak lanjuti dengan cara melakukan percepatan proses pembebasan lahan prioritas di lokasi ex kawasan hutan tersebut. Kemudian akan mempercepat proses penerbitan penlok tambahan yang telah ditargetkan akan selesai pada Febuari 2023.

Update Tol Pekanbaru-Rengat

VP Persiapan Kontruksi PT HK, Khrisna Aditya Yudha, mengatakan, bahwa dalam menyelesaikan proyek pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Rengat ini dibagi menjadi tiga prioritas.

Prioritas I yakni Kota Pekanbaru dengan mencangkup Kelurahan Muara Fajar, Rumbai Bukit, Agrowisata, Palas, dan Sri Meranti dengan jalan akses sepanjang 2.350 km. Sementara, untuk prioritas II dan III yakni Kabupaten Kampar dengan mencangkup Desa Karya Indah, Rimbo Panjang, Tarai Bangun, Kenidai, Teratak Buluh serta Kubang Raya.

Diketahui, pihaknya telah memberikan pengumuman danom ke Kelurahan Sri Meranti dan Kelurahan Agrowisata pada 30 Januari 2023. Selanjutanya, pengumuman danom kembali dilakukan pada 2 Februari 2023 ke Kelurahan Rumbai Bukit.

“Sementara untuk prioritas II dan III, diperlukan dukungan Pemprov riau untuk penerbitan Penlok tahap II oleh Gubernur Riau. Targetnya minggu ke-2 februari 2023,” ungkap Yudha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.