Mahasiswa Unri Perbaiki Jalan Bangau Sakti Pekanbaru

0
973
Mahasiswa Unri Perbaiki Jalan

Sejumlah mahasiswa Universitas Riau (UNRI) melakukan aksi perbaiki Jalan Bangau Sakti Pekanbaru. Dimana jalan tersebut letaknya persis di samping Kampus mereka, Minggu (29/10/2023) sore.

Aksi perbaiki jalan yang dilakukan oleh mahasiswa Unri tersebut dalam rangka prihatin sekaligus mengkritik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Hal tersebut karena kondisi Jalan Bangau Sakti tersebut sudah rusak parah, namun tidak kunjung diperbaiki.

Alami Kerusakan Parah

Jalan Bangau Sakti Pekanbaru tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan banyak sekali lubangnya. Sehingga banyak pengendara motor yang melintasi jalan tersebut terjatuh, bahkan banyak pula mobil yang tersangkut akibat lubang yang menganga.

Selain itu Jalan Bangau Sakti tersebut juga sering tergenang di sejumlah titik, yang berasal dari parit yang tersumbat. Bahkan drainase jalan pun juga tidak membaik, karena selokan yang tersumbat oleh sampah sehingga membuat aliran air merembes ke jalanan.

Mahasiswa Perbaiki Jalan

Aksi mahasiswa UNRI di bawah aksi Nalar Komunitas Literasi dan Sastra (KALISTRA) tersebut memperbaiki jalan sekaligus menjebol tembok. Dengan tujuan agar air dapat mengalir dengan lancar. Selain itu mereka juga menimbun jalan dengan kerikil di beberapa titik.

Salah seorang peserta aksi, Abdul mengatakan bahwa aksi tersebut sepertinya langkah awal yang tepat memperbaiki saluran air atau got di daerah tersebut.

Karena masalah utamanya adalah banyaknya volume air yang tertampung di sekitar jalan yang rusak, sehingga air tersebut mengalir melewati jalan. Yang mana hal itu sangat berpengaruh terhadap ketahanan dari jalan tersebut.

“Seiring waktu lama kelamaan jalan tersebut akan abrasi, sehingga bagian jalan yang rusak semakin luas,” ucapnya, Senin (30/10/2023).

Sementara itu, mahasiswa lainnya, KA, berpesan kepada mahasiswa lainnya agar jangan hanya melihat, mengeluh, dan membuat masalah. Menurutnya, anak muda harus progresif dan melakukan aktifitas kebaikan.

KA berharap kepada Pemko Pekanbaru agar segera memperbaiki Jalan Bangau Sakti Pekanbaru dan semua jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru, sebab masyarakat sangat membutuhkan jalan yang mulus.

“Banyak mobil tidak bisa cepat bergerak, terutama mobil emergency seperti Ambulans dan Pemadam Kebakaran,” tutupnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.