Panduan Budidaya Ikan Mas untuk Pemula

21
Panduan Budidaya Ikan Mas untuk Pemula

Hidup di negara yang kaya akan hutan hujan tropis membuat kebanyakan masyarakat Indonesia akrab mengkonsumsi aneka macam ikan air tawar.

Ikan mas, atau Cyprinus carpio nama latinnya, adalah salah satu contoh jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan. Mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, kalsium, kalium, fosfor, hingga vitamin, membuat ikan satu ini menjadi favorit di Indonesia. Hal ini juga yang kemudian membuat budidaya ikan mas cukup diminati karena memiliki potensi yang bagus untuk berkembang.

Beberapa hal yang menyebabkan budidaya ikan mas kian menjamur adalah:

  • Benih mudah didapat dengan harga terjangkau.
    Benih ikan mas terkenal gampang ditemukan di mana-mana. Harganya pun relatif terjangkau.
  • Mudah dibudidayakan
    Ikan mas termasuk sebagai hewan yang memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Selain itu, proses membiakkannya pun tergolong sederhana dan mudah.
  • Pasar yang luas.
    Karena digemari banyak orang, ikan mas pun terbilang laku di pasaran. Ikan mas bisa dijual langsung kepada pelanggan perorangan, pelaku usaha rumah makan seperti koki restoran, hingga ke pasar-pasar tradisional dan supermarket.
    Dengan berbagai alasan di atas, banyak pelaku usaha yang kini mulai mempertimbangkan pembudidayaan ikan mas. Jika Anda penasaran bagaimana prosesnya, mari simak beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membudidayakan ikan mas dari awal.
Langkah-langkah Budidaya Ikan Mas
  1. Siapkan media untuk budidaya ikan mas.
    Sebelum menentukan jenis media yang akan digunakan, sebaiknya Anda memutuskan terlebih dahulu metode apa yang akan digunakan untuk membiakkan ikan mas. Beberapa pilihan yang hadir adalah melalui metode air tenang, air deras, atau tumpang sari. Media budidaya ikan mas pun bervariasi mulai dari kolam buatan hingga sawah sebagai media yang lebih alami. Lalu jika Anda memilih metode air tenang misalnya, maka kolam tanah, kolam terpal, dan kolam tembok adalah pilihan yang pas dan paling banyak dipilih.
  2. Tebar benih ikan mas ke dalam kolam.
    Sebelum menebar benih ikan mas, pastikan bahwa kondisi kolam sudah tidak berbau bahan kimia atau plastik. Ingat juga untuk memberikan pupuk organik agar plankton yang merupakan makanan ikan mas dapat cepat berkembang di dalamnya.
    Setelah itu, mulai tebarkan benih ikan mas. Benih yang baik umumnya dapat diketahui dari ciri-cirinya yang bergerak gesit, kulit mulus tanpa luka, dan nafsu makan yang terlihat baik. Dengan menggunakan benih ikan mas berkualitas, diharapkan tingkat kesuksesan pembiakannya pun semakin tinggi.
  3. Berikan pakan pada ikan mas dengan teratur.
    Memberi makan 2 sampai 3 kali sehari pada waktu pagi dan sore adalah cara agar ikan mas tumbuh sehat. Juga ingat untuk mengusahakan agar kolam tetap bersih dari sisa pakan.
  4. Menentukan waktu panen.
    Umumnya ikan mas siap untuk dipanen ketika mencapai berat 300 – 400 gram per ekornya, atau setelah sekitar 3 bulan. Rajin memantau kondisi dan berat ikan yang ada di dalam kolam akan sangat mendukung kesuksesan pembiakan ikan mas.

Setelah semua langkah budidaya di atas dilakukan, maka ikan mas siap untuk dijual. Saat ini harga ikan mas 1 kg sudah mencapai Rp40.000, bahkan lebih. Anda pun bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan ikan mas segar melalui Blibli.

Sebagai marketplace terpercaya yang telah menjadi teman belanja bagi jutaan pengunjung di Indonesia, Blibli menyediakan aneka bahan pangan berkualitas kebutuhan Anda. Hadir sejak tahun 2011, Blibli menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi, berbagai promo, hingga program gratis ongkir yang bisa Anda nikmati di sini.