Pakai Air PDAM Ilegal Bertahun-tahun, Rugikan Banyak Pihak

0
702
Pakai Air PDAM Ilegal

Pakai air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secara ilegal bertahun-tahun tentunya dapat merugikan banyak pihak. Oleh karenanya Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak mulai mengubah fokus untuk penurunan angka Non Revenue Water (NRW).

Tindak Tegas

Selain meminimalkan kebocoran-kebocoran pipa, juga dengan fokus terhadap warga yang menggunakan air perpipaan namun tidak terdaftar sebagai pelanggan Tirta Siak.

Diungkapkan oleh Direktur Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah, pihaknya saat ini sedang menindak tegas pemilik bangunan. Baik rumah, ataupun jenis lainnya yang lakukan pengambilan air dari pipa Perumdam secara ilegal.

“Mereka tidak terdaftar sebagai pelanggan gunakan air selama bertahun-tahun tanpa tercatat,” ungkap Agung, Rabu (17/1/2024).

Rugikan Banyak Pihak

Pada faktanya, kerugian yang diakibatkan oleh pakai air PDAM secara ilegal di antaranya akan merugikan Perumdam Tirta Siak karena penggunaan air yang tidak tercatat. Karena suplai air kepada pelanggan juga menjadi tidak maksimal.

Jika dianalogikan, sebuah pipa yang biasa disebut sebagai jalur distribusi langganan (JDL) sebelumnya sudah dilakukan survei. Sehingga perhitungan untuk pelanggan yang menggunakan air dalam satu area JDL sudah dihitung jika adanya pencurian air hal ini akan mengakibatkan pelanggan akan mengalami suplai air yang tidak maksimal.

“Bahkan pencurian air bisa mengakibatkan tidak mengalirnya air kepada pelanggan,” jelas Agung.

Perumdam Tirta Siak sendiri menemukan beberapa jaringan pipa yang digunakan secara ilegal yang digunakan lebih dari 5 tahun pemakaian.

Tingkatkan Pelayanan

Pemasangan pipa secara ilegal merupakan sebuah tindakan kriminal, yang seharusnya tidak dilakukan oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Pembenahan pipa baru terus dilakukan oleh Tirta Siak melalui Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) SPAM Kota Pekanbaru.

Selain itu percepatan pemasangan jaringan kepada pelanggan baru, pengurusan administrasi yang diperlukan untuk menjadi pelanggan Tirta Siak saat ini tidaklah sulit.

Bahkan cenderung terus dibenahi untuk memaksimalkan layanan. Kualitas air yang disalurkan kepada pelanggan juga dipastikan sesuai dengan aturan yang ada terutama Permenkes.

Diputus Permanen

Demi mewujudkan pelayanan yang lebih baik, tindakan tegas dilakukan oleh Tirta Siak terutama jika ditemukannya jaringan ilegal yang bukan pelanggan maka suplai airnya langsung akan dihentikan dan diputus secara permanen.

“Namun, untuk dilakukannya pelaporan kepada pihak kepolisian masih dipertimbangkan oleh Perumdam Tirta Siak,” ujar Agung.

Tindakan tegas yang dilakukan oleh Tirta Siak tidak hanya demi menyelamatkan pendapatan perusahaan saja. Melainkan juga sebagai bentuk komitmen Tirta Siak untuk terus memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan.