Nama Raja di Riau, Ini Asal-Usulnya

0
939
Nama Raja di Riau
Foto udara Kota Rengat. Sumber: IG serinditdroneindonesia

Di Provinsi Riau banyak ditemui nama orang dengan awalan Raja. Lalu bagaimanakah asal usulnya? Berikut ini penjelasannya.

Nama Raja sepertinya tidak asing bagi masyarakat di Indonesia saat ini. Tapi di Riau, banyak yang menggunakan nama ini. Saking banyak warga yang menggunakannya, banyak yang berasumsi bahwa pemilik nama Raja pasti berasal dari Riau.

Bagi masyarakat Bumi Melayu Riau, nama Raja tidaklah asing. Sangat banyak nama Raja bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai nama depan seseorang yang berasal dari Riau.

Uniknya, penyandang nama Raja ini ternyata punya alasan tersendiri. Mereka yang bernama Raja mayoritas adalah keturunan dari Raja Indragiri.

Asal-usul

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein menjelaskan terkait kepemilikan asal-usulnya. Adapun jelasnya, bahwa nama Raja di Riau memang identik berasal dari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Yoserizal Zein mengungkapkan, hal ini dimulai sejak masa Kerajaan dan Kesultanan Indragiri. Masa kejayaan kerajaan dan kesultanan Indragiri cukup panjang selama delapan abad.

Kemudian dari 8 abad itu, ada 26 raja dan Sultan dulunya pada masa kerajaan dan kesultanan Indragiri tersebut. Merujuk silsilah itu, pemilik nama Raja biasanya berasal dari keturunan dari raja dan sultan Indragiri.

Sehingga banyaknya sultan dan raja itu, juga membuat banyak keturunannya yang tersebar di Riau dengan nama Raja.

Identik Dengan Rengat

Lebih lanjut Yoserizal menjelaskan bahwa dari silsilah pemilik nama Raja masuk zuriat. Meski demikian, ia tidak mengetahui ini masuk zuriat yang mana, karena ada 26 sultan dan raja berkuasa di sana.

Kadis Kebudayaan Riau tersebut menerangkan, sangat banyak pemilik nama Raja itu, karena kerajaan Indragiri itu lama masanya. Jadi nama Raja itu identik dari Rengat.

Akan tetapi sebenarnya sebut dia, nama Raja ini tidak hanya berasal dari Rengat. Namun ada Raja Rambah Rokan Hulu sampai Kepulauan Riau juga ada.

Sehingga dengan begitu, tidak semua juga pemilik nama Raja keturunan raja. Akan tetapi identiknya di Riau, karena merupakan keturunan Kesultanan Indragiri Rengat.

“Banyak memang pemilik nama Raja. Tak semua juga pemilik nama Raja keturunan raja,” tandas Yoserizal.

Itulah sedikit penjelasan terkait asal usul nama Raja di Riau. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Encik dan Puan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.