Karhutla Dumai-Bengkalis, BPBD Tabur 20 Ton garam di Langit Dumai

0
77
Karhutla Dumai-Bengkalis

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan penaburan 20 ton garam untuk melakukan penanggulangan pemadaman karhutla di Dumai-Bengkalis.

Tindakan ini dilakukan agar penyebaran kebakaran di daerah tersebut tidak meluas. Sebelumnya pemerintah Riau juga mengerahkan helikopter water bombing untuk melakukan pemadaman api.

20 Ton Garam Ditabur di Langit Dumai

Kalaksa BPBD Riau, Edy Afrizal mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan upaya pemadaman api karhutla dengan melaukan penaburan 20 ton garam di langit Dumai.

Lebih detail, Ia mengatakan bahan penyemaian ini menggunakan NaCl 1.000 Kg dan 20 ton garam.

Penyemaian pemadaman karhutla di Dumai-Bengkalis ini juga dibantu oleh turunnya hujan.  Berdasarkan kabar terbaru dari satelit BMKG stasiun Pekanbaru pada sore hari tanggal 24 April 2022, terdapat 66 titik panas atau hotspot di daerah Riau.

Titik terbanyak terletak di daerah Dumai- Bengkalis. Karhutla terjadi di Jalan Parit Purba Selingsing perbatasan Dumai – Bengkalis yang melanda daerah perkebunan kelapa sawit dan juga lahan kosong.

Karhutla tersebut terjadi sejak enam hari lalu dan tim pemadam masih melakukan pemadaman api di daerah tersebut.

Status Siaga Darurat Karhutla

Sebelumnya pada tanggal 15 Februari 2023 Gubernur Riau Syamsuar mengumumkan Status Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan atau Karhutla di Riau.

Pengumuman ini disampaikan pada saat rapat koordinasi penanganan Karhutla, di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru.

Tak hanya itu, rapat ini juga dihadiri oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigjen Parlindungan Hutagalung, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Setiawan, dan Danlanal Dumai Kolonel laut Stanley Lekahena serta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Supardi, Sekdaprov Riau SF Hariyanto, dan jajaran terkait lainnya.

Syamsuar mengatakan, bahwa pihaknya telah menetapkan Status Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau, penetapan ini dilakukan atas arahan Presiden dan Menko Polhukam.

Status Siaga Darurat Karhutla pada tahun 2023 akan berlaku selama 9 bulan. Di mulai dari tanggal 13 Februarai 2023 hingga 30 November 2023 mendatang.

Ia juga mengatakan, penetapan Status Siaga Darurat Karhutla ini dilakukan setelah dua daerah di Provinsi Riau telah menetapkan status siaga  terlebih dahulu. Dua daerah tersebut ialah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.