Malam Takbiran IdulAdha Pekanbaru Ada Pawai Obor

0
147
Malam Takbiran IdulAdha Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan akan menggelar pawai obor pada malam takbiran Iduladha 2023 di Pekanbaru.

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia ditetapkan jika Iduladha 1444 H ini jatuh pada hari Kamis (29/6/2023).

Untuk memeriahkan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tersebut, akan ada hal yang berbeda tahun ini. Hal tersebut karena ada pawai obor malam takbiran Iduladha 2023 di Pekanbaru.

Lokasi Pawai Obor 

Dalam rencana Pemko Pekanbaru, akan ada ribuan orang yang mengambil bagian untuk mengikuti pawai obor malam takbiran Idul Adha 2023 di Pekanbaru.

Pawai obor malam takbiran Iduladha 2023 di Pekanbaru tersebut direncanakan berlokasi di Jalan Gajah Mada.

“Rencana kita akan menggelar malam takbir, nantinya bakal ada pawai obor,” terang Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Selasa (20/6/2023).

Peserta Pawai Obor

Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengungkapkan jika para peserta pawai obor berasal dari berbagai kecamatan di Kota Pekanbaru. Nantinya, setiap kecamatan di Kota Pekanbaru akan mengutus seratus orang untuk ikut dalam kegiatan pawai tersebut.

“Masyarakat bisa ikut serta memeriahkan malam takbir Idul Adha Pawai obor ini sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat,” ucapnya.

Digelar Berbeda

Pada pelaksanaan malam takbir kali ini, Pemko melakukan hal yang berbeda ketimbang beberapa tahun lalu. Adapun pawai yang digelar Pemko Pekanbaru tidak beriringan dengan kendaraan melainkan dengan orangnya langsung.

“Tahun ini kita lebih fokus pada manusianya, bukan mobil pawainya,” ungkap Muflihun.

Pada malam takbiran tersebut, selain ada masyarakat, BKMT, tokoh agama, anak-anak yang berasal dari berbagai kecamatan akan diarahkan membawa obor agar semarak.

Gelar Salat Ied Bersama Masyarakat

Selain menyelenggarakan sesuatu hal yang berbeda dengan adanya pawai obor malam takbiran Iduladha, Pemko Pekanbaru juga berencana menggelar salat Ied bersama masyarakat.

Namun hingga saat ini belum dipastikan lokasi mana yang akan digelar salat Ied bersama masyarakat tahun ini. Untuk tahun ini, sebanyak 250 masjid akan menggelar Salat Ied di Kota Pekanbaru. Hal tersebut berdasarkan paparan dari Kakan Depag Pekanbaru.

“Idul Fitri kemarin kan kita salat ied di Senapelan, kalau bisa nanti Iduladha di kecamatan lain juga,” pungkas Muflihun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.