Salat Ied di Pekanbaru, Ada 250 Titik

0
301
Salat Ied di Pekanbaru

Pelaksanaan Salat Ied di Pekanbaru direncanakan akan digelar di 250 titik. Demikian yang diungkapkan oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setdaprov) Provinsi Riau, Masrul Kasmy.

Tersebar di Seluruh Kota Pekanbaru

Dikatakan Masrul Kasmy, hal tersebut telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau. Sebanyak 250 titik tempat pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 Hijriyah tersebut tersebar di seluruh Kota Pekanbaru.

Berdasarkan rapat koordinasi pelaksanaan salat Ied bersama Kanwil Kemenag Riau, Senin (17/4/2023), ada 250 titik Salat Ied di Pekanbaru.

Masrul Kasmy kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menyemarakkan pelaksanaan salat Ied sesuai dengan lokasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Kapan Lebaran 2023

Terkait jadwal pasti Hari Raya Idulfitri 1444 H tahun 2023, Pemprov Riau hingga kini masih menunggu hasil sidang Isbat yang nantinya akan digelar oleh Kemenag RI.

Sementara itu, pihak Muhammadiyah sendiri telah memastikan Hari Raya Idulfitri 1444H digelar Jumat (21/4/2023). Untuk lokasi salat ied-nya tersebar di 15 lokasi.

Sidang Isbat

Adapun sidang Isbat penetapan Lebaran Idulfitri 2023 atau 1 Syawal 1444H berlangsung di kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2023) sore ini secara tertutup.

Rencananya pelaksanaan sidang isbat tersebut akan dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi Kemenag. Meski digelar secara tertutup, kita masih dapat menyaksikannya secara live streaming melalui kanal YouTube Kemenag.

Pemko Gelar Pawai Takbir

Setelah sebelumnya tidak digelar karena pandemi, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar Pawai Takbir jelang Lebaran Idulfitri 1444H. Direncanakan pawai takbir yang akan berlangsung pada malam Idul Fitri ini akan diadakan di Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru.

Lokasi Salat Ied Pemko

Selain itu Pemko Pekanbaru juga akan melaksanakan rangkaian salat Idulfitri 1444H di Kecamatan Senapelan, Sabtu (22/4/2023). Dalam salat ied yang dihelat di Lapangan Bukit Senapelan tersebut akan diikuti oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

Para pejabat Pemko juga akan mengikuti salat ied di Lapangan Bukit Senapelan bersama-sama dengan masyarakat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.