Kenalan Dengan Komunitas Fakta Bahasa Pekanbaru

107
Komunitas Fakta Bahasa Pekanbaru

Komunitas Fakta Bahasa Pekanbaru merupakan komunitas yang mewadahi muda-mudi  Pekanbaru yang antusias belajar bahasa asing.

Untuk Fakta Bahasa Pekanbaru (Fabaku) sendiri merupakan bagian dari Fakta Bahasa Nasional yang dicetuskan secara resmi pada tanggal 24 Juni 2017.

Fakta Bahasa Nasional menggelar penyambutan anggota baru (Internalisasi) pertama kalinya pada 19 November 2017.

Untuk di Pekanbaru sendiri, setiap Klub atau kelasnya dipimpin oleh tutor (guru) yang menguasai bahasa asing. Para tutor tersebut mengajar secara sukarelawan di Fabaku.

Setelah lebih dari 2 tahun berjalan, komunitas ini sudah menyediakan 9 kelas bahasa. Diantaranya Korea, Jepang, Mandarin, Perancis, Spanyol, Inggris, Arab, dan 2 bahasa tambahan yaitu Bahasa Isyarat dan Bahasa Indonesia.

Komunitas ini sendiri terbilang cukup muda usianya dibandingkan banyaknya komunitas lain yang ada di Pekanbaru.

Kabar baiknya bahwa Fabaku selalu menjadi angin segar bagi banyaknya pemuda-pemudi yang antusias belajar Bahasa Asing.

Setiap tahun anggota komunitas ini pun turut meningkat. Tercatat hingga saat ini, Fabaku Pekanbaru telah mewadahi lebih dari 100 orang untuk bisa belajar berbagai bahasa yang tersedia.

Dari kelas-kelas inilah Encik dan Puan dapat belajar budaya. Fabaku sendiri mewadahi ketertarikan melalui penampilan budaya yang sering kali dipertunjukkan di tiap pentas Internalisasi (penyambutan anggota baru) seperti tarian dan lagu dari berbagai negara, tak lupa budaya melayu itu sendiri.

Untuk terus berkembang, dalam 1 Tahun terakhir Fakta Bahasa telah melakukan kolaborasi dengan berbagai komunitas bahasa dan Organisasi kepemudaan seperti, Goodents, Les Copain, Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) kota Pekanbaru, Caraka Youth Center, dan Youth Learning Center (Organisasi kepemudaan imigran).

Selain kegiatan rutin “Nge-Klub Bahasa”, Fabaku turut andil dalam aksi sosial seperti penggalangan dana untuk daerah-daerah terkena dampak bencana, pembagian masker dan vitamin di kala Riau dilanda musibah kabut asap, dan lain-lain.

Sebagai kumpulan muda-mudi Pekanbaru, Fakta Bahasa Pekanbaru berharap terus bisa menghasilkan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang cinta budaya dan aktivitas-aktivitas positif lainnya.