Kasus Rabies di Pekanbaru, Ini Info Vaksinasi Rabies

0
221
Kasus Rabies di Pekanbaru

Sepanjang tahun 2023 ini, sudah ditemukan beberapa orang yang positif kasus rabies di Pekanbaru. Ada yang terkena gigitan hewan peliharaannya, baik itu kucing maupun anjing, hingga gigitan kera.

Jumlah Warga Yang Digigit

Sampai saat ini tercatat sudah ada 162 orang warga Pekanbaru yang digigit hewan peliharaan. Hal tersebut berdasarkan data terbaru dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru.

Kemudian diketahui pula dari gigitan tiga jenis hewan tersebut, setidaknya ada enam orang yang didiga rabies. Untuk 6 orang tersebut saat ini sudah ditangani oleh puskesmas untuk mendapatkan Vaksin anti-rabies (VAR) pada manusia.

Demikian yang diutarakan Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Distankan Kota Pekanbaru Dokter Hewan (drh) Rita Setyawati, Kamis (20/7/2023).

Permintaan Vaksinasi Rabies Meningkat

Rita menuturkan bahwa saat ini terjadi peningkatan permintaan vaksinasi rabies di masyarakat, karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap virus rabies. Dimana hal itu dibuktikan dengan tingginya pelapor orang tergigit hewan berpenyakit rabies.

Lokasi Vaksinasi Rabies Gratis di Pekanbaru

Bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin melakukan vaksinasi rabies gratis, bisa datang ke beberapa lokasi di bawah ini. Sebab kasus rabies di Pekanbaru dikhawatirkan terus meningkat.

Adapun beberapa lokasi vaksinasi rabies gratis di Pekanbaru tersebut di antaranya:

  • Kantor Distankan Kota Pekanbaru di Jalan Ibrahim Sattah atau berada di samping La Fusion Vanhollano Bakery.
  • Pusat Kesehatan Hewan di Jalan Pesantren, buka setiap hari Selasa pukul 09.00-12.00 WIB.
  • Pusat Kesehatan Hewan di Jalan Limbungan, buka setiap hari Rabu pukul 09.00-12.00 WIB.
  • UPT Laboratorium Veteriner dan Klinik Hewan di Jalan Hang Tuah (eks Plaza Ternak), buka setiap hari Senin-Rabu pukul 08.00-15.30 WIB, Kamis pukul 08.30-16.00 WIB, dan Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

“Vaksinasi rabies itu gratis. Syaratnya yang penting hewan sehat dan berumur di atas tiga bulan,” jelas Rita.

Untuk warga Pekanbaru yang ingin vaksinasi rabies gratis, dokumen tanda adopsi hewan peliharaan tidak diperlukan. Distankan Pekanbaru yang akan memberi buku vaksin sebagai tanda hewan tersebut sudah divaksin rabies sebagai upaya pencegahan kasus rabies di Pekanbaru.

Untuk Diketahui

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin memvaksin hewan peliharaannya di UPT Laboratorium Veteriner dan Klinik Hewan di Jalan Hang Tuah dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu per ekor.

Hal tersebut karena adanya perda retribusi. Akan tapi pada bulan September 2023 mendatang gratis dalam rangka World Rabies Day.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.