Home Melayu Kerajaan Riau Masa Lampau, Berikut Ini Daftarnya

Kerajaan Riau Masa Lampau, Berikut Ini Daftarnya

Kerajaan Riau Masa Lampau

Tahukah Encik dan Puan, ternyata di Provinsi Riau pada masa lampau memiliki beberapa kerajaan yang tersohor. Adapun beberapa kerajaan Riau pada masa lampau tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam tulisan berikut ini.

Tidak hanya tercatat sebagai kerajaan tertua di Nusantara, keberadaan kerajaan di Riau juga sebagai penanda sistem pemerintahan masyarakat kuno sebelum Indonesia resmi merdeka.

Selain memiliki peninggalan sejarah, kerajaan Riau juga merupakan kekayaan kebudayaan di Provinsi Riau. Berikut ini daftar kerajaan Riau pada masa lampau:

1. Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis ini berada di Koto Alang, Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Dalam catatannya, Kerajaan Kandis berdiri kurang lebih sejak 1 M, diperkirakan sebagai salah satu kerajaan tertua di Nusantara.

Dalam Kitab Negarakertagama disebutkan tentang nama Kandis sebagai salah satu wilayah yang ditaklukkan Kerajaan Majapahit.

2. Kerajaan Koto Alang

Kerajaan Koto Alang juga menjadi salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang pernah berdiri di Provinsi Riau.

Kerajaan Koto Alang sendiri diperintahkan oleh raja yang bergelar Aur Kuning, yang selama berkuasa didampingi oleh patih (wakil raja) dan tumenggung (penasihat raja).

Namun sayangnya, hingga kini tidak ada bukti ilmiah yang fokus mengungkap keberadaannya. Sehingga informasi tentang kerajaan ini masih terbatas.

3. Kerajaan Siak Sri Indrapura

Kerajaan/Kesultanan Siak Sri Indrapura sendiri terletak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Didirikan di Buantan, Kerajaan Islam ini berlangsung antara tahun 1723-1945.

Pendiri Kerajaan Siak adalah Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Rahmat putra Raja Johor (Sultan Mahmud Syah). Sebelum Kerjaan Siak berdiri, wilayah Siak berada di bawah kekuasaan Johor.

Kerajaan Siak mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Assayaidis Syarief Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada abad ke-19 (1889-1908).

Selanjutnya pada masa kejayaannya, Sultan Syarief membangun Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Siak dan dengan kemajuan yang dapat dilihat dalam bidang ekonomi.

Sehingga, setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Sultan Syarif Kasim II menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia.

Istana Siak atau Istana Siak Asserayah El Hasyimiah merupakan peninggalan Kerajaan Siak yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

4. Kerajaan Rokan

Kerajaan Rokan adalah kerajaan Islam yang pernah berkuasa di daerah Rokan Hulu, Riau. Keberadaan Kerajaan ini merupakan simbol kebangkitan masyarakat Melayu di Rokan Hulu.

Kerajaan Rokan diperkirakan berdiri pada tahun 1600-an. Salah satu peninggalan Kerajaan Rokan berupa Istana Rokan yang terletak di Desa Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Istana yang diperkirakan dibangun pada abad ke-18 menggunakan arsitektur khas Melayu.

5. Kerajaan Rantau Kampar Kiri

Kerajaan Rantau Kampar Kiri atau sering disebut Kerajaan Gunung Sahilan terletak di Koto Dalam, Gunung Sahilan, Kampar, Riau.

Kerajaan berdiri pada abad ke-16 dengan raja pertama bernama Bujang Sati yang merupakan anak Raja Kerajaan Pagaruyung.

Hingga saat ini, Kerajaan Rantau Kampar Kiri masih berkuasa dengan raja yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan H Tengku Muhammad Nizar.

6. Kesultanan Kuntu Darussalam

Kerajaan Kuntu Darussalam atau Kesultanan Kuntu Darussalam adalah kerajaan Islam pertama di Riau. Letak Kerajaan Kuntu Darussalam di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Pada masa lalu Kerajaan Kuntu Darussalam merupakan daerah yang strategis, baik perjalanan darat atau sungai. Kuntu juga dikenal sebagai daerah penghasil lada yang diperebutkan dengan kerajaan lain.

Kuntu merupakan daerah pertama di Riau yang berhubungan dengan pedagang asing, seperti India, Cina, dan negeri Arab Persia.

Itulah 6 sejarah kerjaan di Riau, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan terkait kerajaan Riau pada masa lampau.

Exit mobile version