Jalan Tol Penghubung Riau, Proyek Akan Dimulai Juni 2023

0
474
Proyek Jalan Tol Penghubung

Pemerintah pusat berencana akan segera membangun proyek jalan tol penghubung di Provinsi Riau pada awal Juni 2023.

Proyek Jalan Tol Penghubung di Riau

Pembangunan proyek tersebut akan dilakukan dari pintu Tol Pekanbaru-Dumai ke pintu Tol Pekanbaru-Bangking. Rencana ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Ia mengatakan bahwa telah rapat dengan Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Darmawan Prasojo, Kementerian PUPR, dan Pemerintah Provinsi Riau. Adapun tujuannya adalah untuk berdiskusi terkait proses jalan tol ini.

Pada awalnya, rapat ini berdiskusi terkait progres pembangunan jalan Tol Bangkinang-Pangkalan yang harus diselesaikan.

Pada triwulan pertama tahun 2024, jalan Tol penghubung Pekanbaru dengan Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sudah harus beroperasi sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Indra Pomi Nasution mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan bertanggung jawab atas jalan lingkar yang menghubungkan gerbang Tol Pekanbaru-Dumai ke Tol Pekanbaru-Bangkinang yang memiliki panjang total mencapai 13,5 Kilometer.

Pembebasan Tanah

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru telah melakukan pembebasan tanah sebanyak 921 persil (bidang tanah) dan pengukuran tanah telah selesai dilakukan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) Pekanbaru.

Saat ini, Pemko Pekanbaru sedang dalam bermusyawarah harga dengan pemilik tanah. Sedangkan Appraisal atau tim independen penilai harga tanah telah selesai melakukan tugasnya.

Sekdako Pekanbaru ini juga mengatakan bahwa pada proses musyawarah dengan para pemilik tanah diperkirakan akan selesai pada akhir bulan Mei mendatang.

Dimulai Awal Juni

Kemudian setelah bermusyawarah, PT. Hutama Karya (HK) akan membangun jalan pada awal bulan Juni.

Atas kinerja dan koordinasinya, pujian pun dilontarkan Deputi I KSP Darmawan Prasojo kepada Pemerintah Kota Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala BPN Pekanbaru Memby Untung Pratama.

“Tanpa mereka, kami juga tak bisa bergerak. Sehingga, tugas ini cepat diselesaikan,” ucap Indra Pomi.

Nantinya, jalan lingkar serta gerbang Tol Pekanbaru-Dumai ini akan melewati lima kelurahan di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Barat. Lima kelurahan yang disebut antara lain adalah Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Muara Fajar Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.