Logo Hari Jadi Pekanbaru ke-239, Ini Maknanya

0
570
Logo Hari Jadi Pekanbaru

Logo hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-239 telah ditetapkan dan diumumkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Adapun Hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-239 sendiri jatuh pada tanggal 23 Juni 2023 mendatang.

Logo Hari Jadi ke-239

Logo yang digunakan ini merupakan hasil dari pemenang lomba desain logo. Demikian yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Hari Jadi ke-239 Pekanbaru, Raja Hendra Saputra.

Dikatakan Raja Hendra, lomba desain logo tersebut diselenggarakan oleh Pemko Pekanbaru pada tanggal 9-13 Mei 2023 yang lalu.

“Alhamdulillah, kita sudah mengumumkan pemenang lomba dan logo tersebut yang akan dipakai untuk logo Hari Jadi ke-239,” ujarnya, Jumat (19/5/2023).

Makna Logo 

Lebih lanjut Raja Hendra menyampaikan bahwa desain logo tersebut terinspirasi dari tenun songket Melayu Riau bermotif “Siku Awan”.

Motif Siku Awan sendiri memiliki bentuk berliku, mengerucut ke atas seperti segitiga, dan memiliki bentuk seperti puncak mahkota. Yang mana bentuk puncak mahkota tersebut menyimbolkan “Bergerak, Tumbuh, dan Bermarwah”.

“Hal tesebut sesuai dengan tagline hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-239,” ucapnya.

Dijelaskan Raja Hendra, dengan mengatakan bentuk berliku dalam logo tersebut menyimbolkan bahwa masyarakat Pekanbaru yang terus bergerak maju dan meraih peningkatan dalam semua aspek yang ada.

Sedangkan bentuk yang mengerucut ke atas seperti segitiga mengartikan bawah Kota Pekanbaru yang terus bertumbuh dan berkembang dalam aspek ekonomi, pembangunan serta aspek penduduk.

Kemudian pada bentuk seperti puncak mahkota, memberikan arti Kota Pekanbaru yang bermarwah. Yang mana memiliki makna bermartabat, sebuah kehormatan, keunggulan yang sesuai dengan visi dan misi Kota Pekanbaru.

“Yang bertujuan agar Kota Pekanbaru menjadi daerah yang memiliki martabat, unggul, serta sumber daya manusia yang mandiri,” jelas Raja Hendra.

Raja menyimpulkan bahwa makna dari logo Hari Jadi ke-239 tersebut merupakan Kota Pekanbaru yang senantiasa bertumbuh bergerak serta bermarwah bermartabat unggul dalam segala aspek yang ada.

Sejarah Kota Pekanbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.