Jalan Rusak Kota Pekanbaru Capai 400 Kilometer, Butuh Biaya Besar

58
Jalan Rusak Kota Pekanbaru

Sepanjang 400 kilometer jalan rusak di Kota Pekanbaru telah didata oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru berencana akan memperbaiki sebanyak 30 ruas jalan rusak pada bulan ini. Perbaikan ruas jalan ini oleh Pemko Pekanbaru akan dilakukan secara bertahap dengan cara tambal sulam.

Butuh Biaya yang Besar

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengatakan bahwa untuk menyelesaikan perbaikan jalan rusak tersebut dibutuhkan biaya yang besar.

“Jalan rusak di Kota Pekanbaru mencapai 400 kilometer. Biaya overlay jalan rusak (pengaspalan ulang) untuk sepanjang 1 kilometer saja mencapai Rp2 miliar,” ungkap Muflihun, Senin (23/1/2023).

Pemko Pekanbaru saat ini memiliki anggaran sebesar Rp20 miliar untuk perbaikan jalan. Sebagai informasi, anggaran tersebut lebih banyak Rp8 miliar dari tahun lalu. Anggaran ini tentu saja sudah termasuk ke dalam biaya operasional dan perawatan bersama pasukan kuning.

Demikian yang diungkapkan oleh Pj Sekda Kota Pekanbaru yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

“Anggaran termasuk untuk biaya operasional dan pemeliharaan (OP) serta gaji pasukan kuning. Anggaran perbaikan jalan kita tahun ini Rp20 miliar,” ujar Indra, Minggu (15/1/2023).

Kurang dari 40 Persen Diperbaiki Dengan Tambal Sulam

Indra berpendapat bahwa perbaikan jalan yang ada di Kota Pekanbaru lebih banyak diperbaiki dengan cara tambal sulam. Tambal sulam ini dapat dilakukan untuk kerusakan jalan di bawah 40 persen.

Ia juga mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini, Pemko Pekanbaru menargetkan untuk dapat memperbaiki 200 ruas jalan. Pengerjaan perbaikan jalan ini sudah dimulai pada awal tahun 2023.

“Sebagian besar kita lakukan dengan tambal sulam, kalau kerusakan jalnnya kurang dari 40 persen. Karena untuk overlay itu biayanya besar dan harus dilakukan jika kerusakan jalan sudah lebih dari 40 persen,” pungkas Indra.

Lokasi Jalan Rusak

Adapun kerusakan ruas jalan yang ditemui memiliki berbagai kondisi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Lokasinya sendiri di Jalan Parit Indah, Jalan Darma Bakti, Jalan Suka Karya, dan Jalan Cipta Karya.

Dengan kondisi yang sama terdapat di Jalan Delima dan sekitar kawasan Sukajadi. Ada beberapa jalan yang diperbaiki dengan cara overlay atau pelapisan yakni seperti Jalan Suka Karya, Jalan Parit Indah dan Jalan Dahlia.