Jalan PT SIR Dibatasi Untuk Mobil Yang Melebihi Kapasitas

118
jalan pt sir

Jalan PT Surya Inti Raya (SIR) baru saja diresmikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Rabu (28/12/2022) yang lalu.

Pada peresmian jalan ini, mobil dengan kapasitas yang melebihi batas tidak diperkenankan untuk melewati jalan ini.

Jika mobil tersebut melebih kapasitas, maka kendaraan serta pengemudi akan ditindak oleh pihak dinas perhubungan dan polisi lalu lintas.

Siap Ditindak

Pada saat peresmian jalan yang menghubungkan antara Pekanbaru dan Siak ini, Gubri mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Siak dan Dishub Provinsi Riau, serta Polantas akan bekerja sama untuk memindak kendaraan yang melebihi kapasitas.

Jalan PT SIR yang diresmikan ini bertepatan di Jalan Simpang Pramuka perbatasan Kabupaten Siak, ruas jalan batas kabupaten Siak-Perawang, serta Jempatan Sei Pulai sebagai jalan pintas dari Kota pekanbaru ke Kabupaten Siak.

Perjuangan Pembangunan

Dalam sambutannya, Syamsuar mengatakan bahwa ia sudah memperjuangkan pembukaan izin ruas jalan ini sejak ia masih menjadi Bupati Siak. Namun dikarenakan jalan tersebut merupakan jalan provinsi, ia belum bisa mengarahkan untuk pembangunan ruas jalan pada waktu itu.

“Makanya pada waktu Allah menakdirkan saya menjadi Gubernur Riau, ini merupakan prioritas kami untuk mempersiapkan jalan ini,” ucapnya.

Selain itu ia mengungkapkan, pembangunan ini juga bertujuan untuk mendukung sektor wisata daerah. Yang mana hal tersebut selaras dengan masukan dari Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa akses untuk menuju tempat wisata harus memiliki akses jalan yang cepat dan juga bagus.

“Oleh karena itulah, kami tahu persis Siak ini adalah merupakan Kota Wisata. Makanya saya mempersiapkan jalan ini dengan maksud untuk mempercepat sampainya, sehingga ini juga terbantu untuk mewujudkan kota wisata,” ujar Syamsuar.

Ia juga menaruh harap dengan diresmikannya jalan PT SIR ini, masyarakat Provinsi Riau dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk mempermudah akses antar Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Pihaknya juga berharap kepada masyarakat Provinsi Riau untuk menjaga jalan ini bersama.