Instruksi Wali Kota Terkait Malam Tahun Baru di Pekanbaru

190
Malam Tahun Baru di Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerbitkan instruksi menjelang malam tahun baru di Pekanbaru. Instruksi yang ditandatangani oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, tertanggal 30 Desember 2019 ini berisi lima poin.

Dalam surat instruksi terkait malam tahun baru di Pekanbaru, Firdaus minta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru agar mengajak masyarakat untuk menjadikan malam pergantian tahun sebagai momen muhasabah dan evaluasi diri.

Firdaus juga mengajak masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun 2020 di jalan. Karena aktivitas perayaan malam pergantian tahun di jalan menimbulkan kemacetan serta mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya.

Berikut ini isi intruksi Wali Kota Pekanbaru tersebut:

Pertama, Menjadikan malam pergantian tahun baru sebagai momentum muhasabah dan evaluasi diri menuju arah yang lebih baik untuk menunjang pembangunan daerah menuju Smart City Madani.

Kedua, Tidak merayakan malam tahun baru, baik berupa hiburan, maupun menyalakan kembang api/petasan, peniupan terompet dan hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban lingkungan.

Ketiga, Kepada tokoh agama, masyarakat, pengurus masjid dan mushala, serta organisasi masyarakat (ormas) Islam agar mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan seperti kegiatan muhasabah, ceramah agama, kajian islam yang dipusatkan di masjid/mushala terutama masjid paripurna.

Keempat, Kepada pemilik dan pengelola tempat hiburan malam agar tidak menunjukkan/mempertontonkan hal-hal yang tidak sesuai dengan kaidah moral agama.

Kelima, Kepada orang tua agar tidak membiarkan abak-anaknya turun kejalan-jalan dan tempat-tempat hiburan yang dapat mengganggu keamanan, ketentraman dan ketertiban baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Adapun Wali Kota Pekanbaru, Firdaus berencana ikut dalam kegiatan di Masjid Ar Rahman pada momen malam pergantian tahun.