DPMPTSP Kota Pekanbaru Masih Tata Layanan di Gedung MPP

25
DPMPTSP Kota Pekanbaru

Saat ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru sedang melakukan penataan layanan di gedung C Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru.

Layanan Belum Pulih

Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Akmal Khairi mengakui bahwa belum seluruh layanan di MPP Pekanbaru beroperasi normal pasca kebakaran.

Masih ada sejumlah tenant layanan non perizinan yang belum bergabung di Gedung C MPP Pekanbaru. Adapun tenant yang belum bergabung tersebut, kebanyakan dari instansi vertikal.

“Pekan depan tenant yang belum buka akan mulai bergabung lagi,” ujar Akmal, Jumat (17/3/2023).

Pindah ke Gedung C

Sementara itu Sekretaris DPMPTSP Kota Pekanbaru Norpendike Prakarsa mengatakan bahwa ada 43 instansi yang membuka layanan di MPP Pekanbaru. 12 di antaranya merupakan instansi pemerintah daerah, 10 merupakan instansi vertikal, serta 23 lainnya merupakan BUMN/BUMD.

Awalnya layanan tersebut berada di gedung B dan juga gedung C. Namun, setelah terjadi kebakaran beberapa waktu silam, seluruh layanan yang berada di gedung B harus pindah ke gedung C MPP Pekanbaru.

Rencana Kolaborasi dengan Instansi Lain

Saat ini pihaknya juga sedang membuat rencana untuk berkolaborasi dengan instansi yang bergabung ke dalam MPP Pekanbaru. Ia dan pihaknya akan melakukan pendataan gedung C agar dapat menampung layanan tersebut.

“Karena keterbatasan tempat, nantinya kita bakal membuka layanan instansi yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya, Kamis (16/3/2023).

Norpendike mengatakan bahwa ruangan untuk pelayanan di gedung C tersebut akan terbatas dibanding di gedung A.

Kapasitas di gedung C sendiri hanya mempunyai 18 gerai saja. dua di antaranya merupakan gerai pembuatan SIM dan pembuatan paspor.

“Kita tentu prioritaskan instansi yang tingkat kunjungannya tinggi setiap harinya. Apalagi keberadaannya di MPP sangat dibutuhkan,” ujar Norpendike.

Kebakaran Gedung MPP Kota Pekanbaru

Sebelumnya Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru hangus terbakar pada tanggal 5 Maret 2023 lalu. Kebakaran ini mengakibatkan hampir seluruh gedung layanan dan perkantoran hangus terbakar.

Mulai Beroperasi Kembali

Mulai tanggal 13 Maret 2023 lalu, layanan perizinan dan non perizinan di MPP Kota Pekanbaru sudah dibuka untuk umum yang sebelumnya ditutup usai peristiwa kebakaran beberapa waktu lalu.

Layanan perizinan dan non perizinan ini dibuka setelah melalui proses pemulihan server, jaringan internet dan jaringan listrik di seluruh gedung layanan.