Daerah Dingin di Riau yang Tidak Diketahui Banyak Orang

0
1810
Daerah Dingin di Riau

Meski lebih dikenal sebagai daerah yang panas, tahukah Encik dan Puan jika ada beberapa daerah di Provinsi Riau ini memiliki suhu lebih dingin.

Suhu di Riau Umumnya Panas

Mungkin banyak dari kita yang merasakan cuaca yang panas karena Provinsi Riau berada pada garis khatulistiwa. Apalagi statusnya sebagai salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, sehingga rasanya tidak mungkin ada daerah yang dingin di provinsi ini.

Suhu rata-rata di Riau sendiri berdasarkan data yang dirilis oleh BPS Riau adalah sebagai berikut:

  • Tahun 2020 rata-rata mencapai 26-28°C, dengan suhu minimum antara 22-23°C dan suhu maksimum di kisaran 33-36°C.
  • Tahun 2021 rata-rata mencapai 25-27°C, dengan suhu minimum antara 23-24°C dan suhu maksimum di kisaran 30-33°C.
  • Tahun 2022 rata-rata mencapai 26-27°C, dengan suhu minimum antara 22-23°C dan suhu maksimum di kisaran 31-33°C.

Untuk diketahui, cuaca dingin di negeri Lancang Kuning ini biasanya dipengaruhi oleh letak ketinggian setiap kabupaten/kota. Berikut ini beberapa daerah di Provinsi Riau yang memiliki suhu dingin berdasarkan data BPS Riau terkait tinggi wilayah.

1. Kabupaten Rokan Hulu

Daerah dengan suhu terdingin adalah Kabupaten Rokan Hulu. Yang mana letak ketinggian Kabupaten Rokan Hulu mencapai 91 meter di atas permukaan laut (MDPL). Sehingga menjadikan kabupaten yang terkenal dengan wisata Air Terjun Aek Martua ini daerah dengan suhu terendah di Riau.

2. Kabupaten Kuantan Singingi

Daerah terdingin selanjutnya adalah Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan letak ketinggian sekitar 57 MDPL, kabupaten yang terkenal akan festival Pacu Jalur ini memiliki suhu yang lebih sejuk dibandingkan dengan sebagian besar daerah di Riau.

3. Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar berada pada urutan ketiga sebagai daerah terdingin di Riau. Meskipun letak ketinggian Kabupaten Kampar “hanya” mencapai 30 MDPL, cuacanya lebih sejuk daripada daerah lainnya di Riau.

Kendati Provinsi Riau secara umum memiliki cuaca panas, adanya daerah-daerah dengan suhu lebih dingin ini menunjukkan keberagaman iklim dan topografi yang ada di negeri Lancang Kuning ini.