Direktur Perumda Tirta Siak Setujui Pemutusan Sementara

56
Direktur Perumda Tirta Siak

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Siak, Agung Anugrah mengambil kebijakan untuk mengurangi beban pelanggan.

Adapun kebijakan yang diambil adalah pemutusan sementara yang diakibatkan oleh kendala jaringan yang menuju pada daerah Pekanbaru Timur. Daerah Pekanbaru Timur yang dimaksud adalah wilayah Hang Tuah dan sekitarnya.

Kendala Yang Dihadapi

Diungkapkan Agung, hal ini memang disebabkan oleh pipa milik Perumda Tirta Siak yang sudah cukup berpengalaman.

“Saya tidak bilang pipa tua. Tapi sudah cukup berpengalaman, yang sudah mengaliri air sejak 1974,” jelasnya dalam kegiatan bersama GM Five di Batiqa Hotel, Rabu (13/10/2022).

Ada satu hal yang penting yang harus diketahui secara komprehensif. Yaitu pengolahan Perumda Tirta Siak itu berada di area Jalan Kayu Mas, Tampan. Yang mana bagian ujung pipa itu berada di daerah Pekanbaru Timur.

Namun kenapa tidak bisa mencapainya? Dijelaskan Agung, karena saat ini tekanan pompa hanya 2,6 bar. Padahal idealnya untuk mencapai ujung jaringan harus 6 bar.

“Kita pernah menaikan tekanan pipa hingga 3 bar, secara bersamaan ada 6 titik pipa Jalur distribusi utama pecah,” terang Agung.

Jaringan Belum Memadai

Direktur Perumda Tirta Siak ini menjelaskan belum memadainya jaringan yang ada saat ini untuk melayani pelanggan yang berada di area Hang Tuah dan sekitarnya. Jaringan yang saat ini ada, belum mampu menjangkau area Hang Tuah yang memiliki kontur tanah lebih tinggi.

Jaringan pipa yang saat ini dimiliki oleh PDAM belum bisa menahan tekanan pompa melebihi 3 bar, pembaharuan yang saat ini dilakukan secara bertahap diharapkan bisa segera dinikmati pelanggan Perumda Tirta Siak.

Pemutusan Sementara

Kebijakan pemutusan sementara yang disetujui oleh Agung Anugrah diambil agar pelanggan yang tidak mendapatkan air tidak perlu membayar biaya minimal pemakaian yang sebelumnya dikenakan, serta biaya pemeliharaan meter setiap bulannya.

Jika jaringan pipa yang sudah lebih baik dan memadai pelanggan-pelanggan yang tadinya mengajukan atau diajukan oleh petugas lapangan untuk diputus sementara tidak akan dikenai biaya apapun saat mengajukan penyambungan kembali.

Sementara itu Manager IT Development Perumda Tirta Siak Alfaroza menjelaskan, terkait mekanisme untuk pemutusan sementara memiliki dua cara. Di antaranya, pelanggan yang langsung mengajukan kepada front liner atau rekomendasi dari petugas.

Untuk mengajukan kepada front liner, pelanggan datang untuk mengajukan pemutusan sementara dengan mengisi formulir atau ada laporan dari petugas bahwa daerah ini sudah tidak mendapatkan air selama berbulan-bulan.

Hal ini berlaku baik di area Pekanbaru Timur ataupun beberapa daerah lainnya. Untuk pemutusan ini tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja nanti akan diverifikasi oleh petugas Perumda Tirta Siak.

“Apakah ini benar terdampak dengan jaringan yang belum memadai atau tidak,” tandas Alfaroza.