Daerah Tersepi Di Riau, Tiap Hari Dapat Hirup Udara Segar

324
Daerah Tersepi Di Riau

Sebuah provinsi pasti memiliki daerah yang berpenduduk padat dan juga sepi. Demikian juga dengan bumi Lancang Kuning, ada daerah dengan penduduk tersepi di Riau.

Sejarah Provinsi Riau

Daerah Sepi Udara Bersih

Daerah tersepi di Provisi Riau dapat berjumlah dua kali lipat lebih sedikit daripada daerah yang memiliki penduduk terpadat.

Luas daerah yang cukup luas dengan jumlah penduduk yang tidak begitu banyak, membuat daerah tersebut memiliki udara yang segar setiap harinya. Jumlah penduduk yang tidak banyak dapat mempengaruhi kualitas dari udara di daerah tersebut.

Manfaat Udara Bersih

Udara bersih sendiri tidak bisa dilepaskan dari kebutuhkan kita untuk bernafas. Yang mana tujuannya adalah agar paru-paru kita dapat menghirup udara bersih. Sehingga mampu sirkulasi udara dalam tubuh kita pun dapat berjalan dengan baik.

Berikut manfaat udara bersih bagi kesehatan manusia:

  • Saluran pernapasan jadi sehat
    Berbagai masalah kesehatan akibat polusi udara sangat berhubungan dengan pernapasan. Udara yang kotor dalam skala kecil dapat mengakibatkan sesak napas, batuk, penumpukan lendir di jalan napas, hingga radang tenggorokan.
  • Risiko penyakit kronis turun
    Selain itu, manfaat udara bersih lainnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Di antaranya kardiovaskular (sakit jantung dan stroke) bahkan beberapa jenis kanker. Dengan menghirup udara segar, kita akan jarang sakit-sakitan.
  • Mencegah Kematian Dini
    Udara yang sudah tercemar polusi dapat menghasilkan gas beracun. Yang mana dapat menyebabkan kematian. Akan tetapi penyebab kematian ini mampu dicegah jika kita memastikan udara yang dihirup bersih dan sehat, serta minim dari paparan gas beracun.
  • Stamina dan fokus meningkat
    Jika kita telah terbiasa menghirup udara bersih, maka kita dapat merasakan tubuh lebih segar dan berenergi. Sehingga kita dapat beraktivitas dengan lebih prima. Selain itu, udara yang bebas polusi juga akan membantu otak bekerja lebih optimal. Jadi kita bisa lebih fokus!
  • Memperbaiki mood
    Salah satu manfaat udara bersih lainnya juga akan terasa pada kesehatan mental. Yaitu bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan tidak mudah stres. Jika kita merasa sedang jenuh, cobalah berjalan di taman yang rindang dan jauh dari keramaian. Lalu tarik napas panjang agar tubuh kembali rileks.
Tiga Daerah Tersepi

Berikut merupakan tiga daerah yang memiliki penduduk tersedikit atau daerah sepi yang berada di Provinsi Riau. Ini dia daerah di Riau dengan penduduk tersepi:

1. Kepulauan Meranti

Di urutan pertama di duduki oleh Kepulauan meranti. Kepulauan Meranti  merupakan salah satu Kabupaten yang berada  di Provinsi Riau. terdapat 217.607 jiwa di tahun 2023 yang menghuni kabupaten ini.

2. Dumai

Kemudian di posisi kedua diduduki oleh Dumai. Dikehuai jumlah sebab penduduk di kota ini hanya mencapai 340.310 jiwa pada tahun 2023 ini.

3. Kuantan Singingi

Terakhir, peringkat ketiga diduduki oleh kuanti singingi sebagai daerah yang memiliki penduduk tidak banyak di Provinsi Riau. Pada tahun 2023 jumlah penduduk di kabupaten tersebut mencapai hingga 351.786 jiwa.

Sekian informasi terkait tiga daerah dengan penduduk tersedikit di Riau yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Encik dan Puan ya.