CPNS Pekanbaru 2023 Tidak Dibuka Pemko

0
487
CPNS Pekanbaru 2023

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan tahun ini tidak membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pekanbaru 2023.

Meskipun ada informasi jika pemerintah pusat akan membuka seleksi CPNS 2023, yang rencananya bergulir pada September 2023 mendatang.

Hanya Untuk Instansi di Pemerintah Pusat

Namun dikabarkan jika CPNS 2023 hanya untuk formasi di pemerintah pusat, akan tetapi tidak termasuk formasi di pemerintah daerah.

Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru juga menyampaikan bahwa tahun ini tidak akan membuka seleksi CPNS. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Pekanbaru Ahmad Nurdinsyah

“Kita di Pemko tidak membuka formasi CPNS tahun ini,” terangnya, Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut Ahmad Nurdinsyah menerangkan jika tahun ini seleksi CPNS hanya diperuntukkan bagi instansi di pemerintah pusat saja. Sehingga tidak ada seleksi CPNS untuk instansi di pemerintah daerah, termasuk seleksi CPNS Pekanbaru 2023 ini.

Diketahui bahwa Pemko Pekanbaru terakhir kali membuka seleksi CPNS tahun 2021 yang lalu dengan 33 formasi. Kemudian formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 280 formasi.

Seleksi PPPK 2023 Akan Dibuka

Meskipun tidak membuka seleksi CPNS pada tahun 2023 ini, Pemko Pekanbaru berencana akan membuka seleksi PPPK.

Namun, ungkap Ahmad, sampai saat ini belum bisa dipastikan jadwal pelaksanaan seleksi PPPK di lingkungan Pemko Pekanbaru. Tidak hanya itu, formasi apa saja yang akan dibuka untuk seleksi PPPK Pekanbaru 2023 juga belum bisa dijabarkan secara pasti.

Pusat Buka 1 Juta Lowongan CPNS 2023

Sementara itu pemerintah pusat akan membuka rekrutmen CPNS dengan kuota hingga 1.030.751 pada tahun ini.

Dari total sejuta kuota yang tersedia, 80 persen formasi diperuntukkan bagi non ASN atau PPPK. Sedangkan 20 persen lainnya diperuntukkan bagi fresh graduate.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut jumlah tersebut baru perkiraan dan berdasarkan usulan dari kementerian atau lembaga.

Oleh sebab itu, pihaknya akan tetap mengkaji apabila dalam waktu dekat terkait adanya usulan dengan jumlah formasi selanjutnya. Adapun hingga saat ini masih ada beberapa instansi yang belum mengirimkan usulan formasi CPNS 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.