Cope West 2023 Pekanbaru, Latihan Militer Bersama AS

0
220
Cope West 2023 Pekanbaru

Pasukan Militer Indonesia dan Amerika Serikat (AS) melakukan Latihan Bersama (Latma) Tempur Udara Cope West 2023 di Pekanbaru.

Latma tersebut berlangsung di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru antara Militer Indonesia dan AS. Ajang latma itu juga sebagai ajang mempererat hubungan militer antar kedua negara.

Selain menumbuhkan kesepahaman antara kedua negara, latihan ini juga dapat mempererat hubungan antara kedua negara dan kedua angkatan udara (AU). Demikian yang diungkapkan oleh Ketua Delegasi TNI AU Paban III/Lat Sopsau Kolonel Pnb. I Gusti Putu Setia Dharma.

“Baik saat ini maupun pada masa yang akan datang,” ujarnya, Rabu (14/6/2023).

Ajang Berbagi Pengetahuan Kedua Angkatan

Dengan adanya kegiatan Latma tempur Udara di Pekanbaru ini memberikan kesempatan kedua angkatan udara untuk saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan.

I Gusti Putu Setia Dharma menerangkan, jika latihan latihan udara bilateral Cope West antara TNI AU-US PACAF juga bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dari kedua angkatan udara dalam hal pengembangan taktik dan teknik pelaksanaan operasi udara.

Sementara Lt. Col Eric “Heff” Broyles menyampaikan terima kasih kepada delegasi TNI AU yang telah menyambut dan mempersiapkan pelaksanaan latihan dengan sangat baik. Selain itu, latihan bersama ini merupakan kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk meningkatkan kemampuan taktis dan persahabatan antara kedua angkatan udara.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk saling membangun kerja sama yang baik,” kata Lt. Col Eric “Heff” Broyles.

Libatkan Ratusan Personel

Latma tempur udara di Pekanbaru atau Latma Cope West 2023 tersebut berlangsung selama 2 minggu.

Kegiatan tersebut melibatkan ratusan personel dan sejumlah pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Latihan M2MC DAGR diikuti oleh satuan elite Satbravo TNI AU dan pasukan elite dari US Marines.

Satuan elite kedua negara akan berlatih pertempuran jarak dekat, menembak pistol, senapan, serta sniper siang dan malam hari, pengamanan VVIP, dan latihan kesehatan lapangan.

Diketahui bahwa Cope West 2023 tercatat sebagai latihan ke-10 Cope West dengan tuan rumah Indonesia, sejak pertama kali di Medan pada tahun 1989.

Latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara kedua negara untuk bersama-sama menjaga stabilitas regional di Asia Tenggara.

Pesawat yang Digunakan

Adapun pesawat yang digunakan dalam Latma Tempur Udara di Pekanbaru tahun 2023 antara Militer Indonesia dan AS yakni:

Milite Indonesia menggunakan pesawat Pesawat F-16 dari Skadron Udara 3, Dragon” dan Skadron Udara 14 “Tiger” Lanud Iswahjudi.

Selanjutnya, Skadron Udara 16 “Rydder” Lanud Roesmin Nurjadin.

Sementara itu, US PACAF menggunakan enam pesawat tempur F-16 C/D Block 40 yang berasal dari 35th Fighter Squadron.

8th Fighter Wing “Wolf Pack” Kunsan Air Force Base (AFB) di Bandara Gunsan, pantai barat semenanjung Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.