CFD Pekanbaru Digelar Kembali Minggu Ini

0
212
CFD Pekanbaru Digelar

Car Free Day (CFD) atau Hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, akan kembali digelar 28 Mei 2023 mendatang.

CFD Sempat Tidak dilaksanakan Beberapa minggu

Seperti diketahui sebelumnya, CFD sudah lama tidak dilaksanakan. Yakni sejak satu pekan jelang Ramadhan 1444 H/2023 M beberapa waktu lalu. CFD tidak digelar karena Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru akan melakukan evaluasi.

Pelaksanaan Kembali CFD di Pekanbaru

Adapun pelaksanaan car free day akan digelar kembali sesuai dengan arahan dari Pj Wali Kota Pekanbaru. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Rabu (24/5/2023).

Ia juga mengatakan bahwa pada saat car free day pada hari Minggu esok akan dilaksanakan beberapa agenda seperti kirab pemilu serta launching rangkaian acara Hari Jadi ke-239 Pekanbaru.

Evaluasi UMKM

Hingga saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru terus melakukan evaluasi terhadap kegiatan CFD. Salah satunya dengan menata keberadaan pedagang kaki lima (PKL) maupun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berjualan pada saat CFD dilaksanakan.

“Terlebih untuk PKL, telah tertata,” ungkap Yuliarso.

Menurutnya, keberadaan PKL di area CFD sendiri masih belum rapi dan jauh dari dari tertib. Untuk diketahui, pelaku UMKM di CFD terbagi 3 kelompok. Di antaranya, klaster permainan anak-anak, fashion, serta makanan/kuliner. Selain itu jalan yang berada di tengah serta trotoar harus bersih dari pedagang.

Yuliarso mengatakan bahwa pihaknya tetap akan mengakomodir pelaku UMKM beraktivitas di area CFD. Karena ia tidak ingin pelaksanaan CFD kesannya seperti pasar kumuh.

“Kita ingin kesannya telah memenuhi standar pariwisata,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia berharap masyarakat Kota Pekanbaru bisa menikmati CFD dengan lebih baik lagi.

Diperluas

Tidak hanya menata PKL dan pelaku UMKM saja, Dishub Kota Pekanbaru juga memperluas areal CFD. Dimana awalnya berada di Bundaran Tugu Zapin Jalan Sudirman mulai dari bawah Flyover Tuanku Tambusai hingga U-turn depan StarCity, rencananya akan diperluas hingga ke Jalan Gajah Mada.

Rencana ini sendiri diungkapkan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, 16 Mei 2023 yang lalu. Saat itu ia mengatakan bahwa rencana ini perlu dikoordinasikan dengan beberapa pihak yang terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.