CFD di Pekanbaru Selama Bulan Ramadhan Masih Akan Dibahas Dishub

0
436
CFD di Pekanbaru

Pelaksanaan CFD di Pekanbaru masih akan dilaksanakan pekan ini. Sementara pelaksanaannya selama bulan Ramadhan akan dibahas Dinas Perhubungan.

Pelaksaan CFD Bulan Ramadhan Belum Dapat Dipastikan

Encik dan Puan, mengingat sebentar lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, pelaksanaan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih menunggu masukan dari semua pihak yang terlibat.

Saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru masih menunggu arahan dari Pejabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru.

“Jadi untuk pelaksanaannya, kita masih menanti masukan dari semua pihak,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Rabu (15/3/2023).

Butuh Masukan dari Semua Pihak

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Bulan Suci Ramadhan tentu saja membutuhkan masukan dari semua pihak.

Yuliarso juga mengaku akan mendengarkan masukan dari masyarakat dan akan mendiskusikan hal tersebut bersama-sama.

“Kita juga mendengarkan masukan dari petugas, tentu perlu rembuk bersama,” ucapnya.

Yuliarso menyatakan bahwa CFD pada tanggal 19 Maret 2023 ini masih akan dilaksanakan. Namun, untuk CFD berikutnya masih perlu dibicarakan dengan instansi terkait. Ia mengatakan pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke Pj Wali Kota Pekanbaru.

“Sebab Ramadan rencananya dimulai pada 23 Maret 2023 nanti, maka tanggal 19 Maret masih CFD,” jelas Yuliarso.

Car Free Day 

Seperti yang kita ketahui, Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) merupakan aktivitas yang dilakukan rutin setiap akhir pekan.

Adapun kegiatan ini dilakukan guna menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini dilakukan di tengah kota dengan menutup ruas jalan sehingga kendaraan bermotor tidak dapat berlalu lalang.

Dengan begitu masyarakat dapat berjalan kaki dengan luwes. Biasanya pada saat CFD masyarakat melakukan kegiatan seperti olahraga sekaligus rekreasi bersama keluarga ataupun teman.

Sebagaimana diketahui CFD di Kota Pekanbaru diadakan di areal Bundaran Tugu Zapin Jalan Sudirman. Dengan batas jalur CFD tetap mulai dari bawah Flyover Tuanku Tambusai hingga U-turn depan StarCity. Kegiatan ini dimulai setiap hari minggu pada pukul 06.00-09.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.