Bus Listrik RAPP Dikenalkan, Kontribusi Kurangi Emisi Karbon

0
416
Bus Listrik RAPP

Sebagai salah satu langkah konkret untuk berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon, PT RAPP (grup APRIL) memperkenalkan bus listrik sebagai moda transportasi karyawan di operasional.

Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan (sustainability) #APRIL2030 yakni, iklim positif.

Karya Anak Bangsa

Saat ini PT RAPP sudah memiliki 6 unit bus listrik. Bus Listrik buatan PT MAB atau mobil anak bangsa ini memiliki kapasitas baterai 9 pack. Dengan waktu pengecasannya selama 1 jam 40 menit, bus listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 250 Km.

Plat Kendaraan Listrik

Plat nomor mobil listrik memiliki perbedaan dengan yang digunakan pada mobil konvensional, yaitu terdapat garis biru yang berada di bagian bawahnya. Salah satu tujuan perbedaan ini ialah untuk memudahkan petugas kepolisian melakukan identifikasi di jalan raya.

Dilengkapi Sensor

Selain nyaman karena suaranya sangat halus dan tidak tercium aroma bahan bakar seperti bus konvensional lainnya, bus listrik juga aman karena dilengkapi sensor dan kamera. Jadi apabila ada kendaraan lain di sisi kanan, sisi kiri, dan di belakang bus, maka akan terlihat di layar monitor juga akan terekam.

Jadi jika supirnya ugal-ugalan atau mengunakan Handphone saat mengemudi, itu juga akan terpantau dan terekam. Kemudian rekaman tersebut hingga 3 bulan mendatang masih bisa dicek. Serupa dengan Black Box kalau di pesawat terbang.

Biaya Perawatan Lebih Rendah

Tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, bus elektrik tentunya memiliki biaya yang lebih rendah dalam perawatan. Kalau dibandingkan dengan bus konvensional, selisihnya bisa mencapai hingga 50-60 persen lho.

Bagaimana menurut Encik dan Puan, tertarik beralih ke kendaraan listrik juga?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.