Kenalkan Motor Listrik, PLN & Pemprov Riau Konvoi

112
Kenalkan Motor Listrik

Untuk kenalkan motor listrik ke masyarakat, PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepri melakukan konvoi motor listrik, Minggu (11/9/2022) pagi.

Adapun konvoi motor listrik tersebut dilakukan bersama instansi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, unsur Forkopimda Riau dan lainnya. Diikuti lebih kurang 60 motor listrik, konvoi tersebut dilepas Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Halaman Kediaman Gubernur Riau.

Rute

Untuk rute yang dilewati, mulai dari Kediaman Gubri menuju Jalan Diponegoro, lalu ke Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian menuju Jembatan Siak 4 ke arah Jalan Sembilang. Lalu masuk ke Jalan Sekolah, Jalan Senapelan, dan kembali ke kediaman.

Dukung Riau Hijau

General Manager PT PLN  (Persero) Wilayah Riau dan Kepri Agung Murdifi mengatakan, kegiatan ini sekaligus mendukung program Riau Hijau. Sehingga PLN juga berupaya terus membangun ekosistem ramah lingkungan melalui kendaraan listrik.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama tentang menyukseskan program Riau Hijau di halaman Rumah Dinas Gubernur Riau.

Isi dari komitmen tersebut yaitu:

  • Dukung dan dorong program penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Yang mana sesuai peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program KBLBB (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan.
  • Ajak semua pihak untuk melaksanakan program dan kegiatan pembangunan berwawasan lingkungan. Yang mana sesuai Peraturan Gubernur Provinsi Riau nomor 9 tahun 2021 tentang Riau Hijau.
  • Dukung program electrifying lifestyle atau gaya hidup baru menggunakan peralatan elektrik yang bebas emisi ramah lingkungan dan efisien.
Keuntungan Kendaraan Listrik

Lebih lanjut Agung menerangkan, banyak keuntungan yang didapat ketika mengendarai motor listrik. Antara lain baterai yang bisa diisi ulang, bebas polusi, serta ramah lingkungan karena dapat menurunkan emisi karbon.

Pihaknya berharap, dengan kenalkan motor listrik ini ekosistem mobil listrik terus bertambah. Selain itu ia ingin penyedia mobil dan motor listrik ini dapat memproduksinya sesuai kebutuhan masyarakat.

“Kita tahu minat masyarakat luar biasa, karena banyak manfaat dari menggunakan kendaraan listrik,” ucap Agung.

SPKLU

Saat ini PLN sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor PLN yang terletak di Jalan Setia Budi dan Jalan Nangka Pekanbaru. Kemudian akan dilakukan penambahan SPKLU di Kota Dumai.

Disambut Baik Gubri

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut. Karena penggunaan kendaraan listrik merupakan program nasional, dan Indonesia sudah memasuki ekonomi hijau.

Dengan menggunakan mobil ataupun motor listrik ini, ungkapnya, dapat menurunkan emisi karbon dan adanya penurunan biaya operasional. Terlebih lagi saat ini harga BBM naik dan adanya isu krisis energi yang melanda dunia.

Ia berharap ketersediaan mobil atau motor listrik ini, karena ketika masyarakat ingin membelinya tidak harus menunggu lama. Terlebih lagi beberapa harga kendaraan listrik dapat terjangkau untuk masyarakat umum.

Terakhir Gubri juga mengajak masyarakat mampu untuk berangsur-angsur mengubah perilaku dengan menggunakan kendaraan listrik.