Beasiswa Pemko Pekanbaru 2023 Segera Cair

0
315
Beasiswa Pemko Pekanbaru 2023

Ada kabar baik terkait beasiswa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun 2023. Karena dikabarkan beasiswa Pemko Pekanbaru tersebut akan cair paling lambat pada pekan depan.

Adanya Pergeseran

Demikian yang diungkapkan oleh Kabag Kesra Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra, Rabu (12/7/2023). Dikatakannya, lama proses pencairan beasiswa Pemko Pekanbaru tahun 2023 ini dikarenakan ada pergeseran dari D3 ke SI.

Pergeseran yang dimaksud karena peminat D3 sedikit pada pendaftaran beasiswa Pemko Pekanbaru kemarin. Sehingga anggarannya kemudian digeser untuk SI. Ia mengaku bahwa ternyata pergeseran ini memakan waktu.

Sebagaimana diketahui, Beasiswa Pemko Pekanbaru tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang pendidikan S1 dan D3 yang telah lulus dalam berbagai tahapan seleksi yang dilakukan Pemko Pekanbaru sebelumnya.

Sebelumnya penyaluran Beasiswa Pemko Pekanbaru ini terkendala karena menunggu pencairan anggaran di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.

Besaran Beasiswa

Sementara itu, jumlah mahasiswa yang berhak menerima beasiswa Pemko ini mencapai 488 orang. Dengan besaran beasiswa yang diterima untuk mahasiswa S1 adalah sebesar Rp4 juta, sedangkan untuk mahasiswa D3 adalah sebesar Rp3 juta.

Tri Sepna mengatakan bahwa nantinya beasiswa yang sudah cair tersebut tidak melalui pembayaran tunai. Melainkan bakal ditransfer langsung ke rekening mahasiswa yang telah menjadi penerima beasiswa.

“Kan sekarang zamannya sudah online semua, jadi tinggal transfer aja,” ujarnya.

Ada Mahasiswa yang Gagal

Lebih lanjut Kabag Kesra Setdako Pekanbaru ini mengungkapkan bahwa awalnya ada sekitarnya 846 mahasiswa melakukan pengajuan untuk mendapat beasiswa Pemko Pekanbaru tersebut. Namun yang dinyatakan lolos dan berhasil memperoleh beasiswa Pemko Pekanbaru hanya 488 orang.

“Kemudian ada sebanyak 358 orang yang tidak beruntung dapat beasiswa di tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Meski demikian pihaknya tetap memastikan bahwa para penerima beasiswa Pemko Pekanbaru telah memenuhi persyaratan.

Sebagai informasi, pada tahun ini Pemko Pekanbaru mengalokasikan anggaran beasiswa bagi mahasiswa mencapai Rp2 miliar.

Beasiswa ini tidak hanya ditiujukan untuk mahasiswa yang berprestasi akademik maupun berprestasi non akademik saja. Selain itu ada juga beasiswa bagi mahasiswa S1 dan D3 yang kurang mampu.

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut, penerima beasiswa mahasiswa berprestasi jenjang SI sebanyak 257 mahasiswa, penerima beasiswa berprestasi jenjang D-III sebanyak 37 mahasiswa, penerima beasiswa berprestasi non-akademik sebanyak 48 mahasiswa, lalu penerima beasiswa kurang mampu sebanyak 136 mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.