Gajah Liar di Pekanbaru Kembali Masuk Permukiman Warga

0
229
Gajah Liar di Pekanbaru

Kelompok gajah liar masuk permukiman warga di Kota Pekanbaru, khususnya di sekitar tempat pemakaman umum (TPU) Tengku Mahmud, Kelurahan Rumbai Bukit. Gajah liar tersebut merusak tanaman di kebun warga setempat.

Rusak Tanaman di Dua Kelurahan

Warga Rumbai Bukit Edi Martop, menerangkan jika kawanan gajah liar masuk pemukiman warga Pekanbaru itu merusak tanaman ubi, pisang, dan pepaya miliknya di atas lahan 30 hektare.

Diterangkan Edi, gajah liar yang masuk ke permukiman itu merusak puluhan hektar tanaman yang berada di dua kelurahan. Kawanan gajah tersebut juga merusak tanaman warga yang berada di sekitar TPU Tengku Mahmud.

Diketahui jika gajah liar masuk pemukiman warga Pekanbaru itu sudah muncul sejak Jumat (7/7/2023) lalu. Namun, belum ada tindakan dari pihak terkait. Menurut pengamatannya, jumlah kawanan gajah tersebut jumlahnya ada 11 ekor. Dimana empat ekor di antaranya sudah berusia dewasa.

Selain tanaman warga, sejauh ini sudah ada dua rumah warga yang dirusak. Oleh kawanan gajah liar masuk pemukiman warga Pekanbaru itu. Adapun pihaknya telah melaporkannya ke RT, Lurah hingga Polisi kehutanan.

Tanggapan BBKSDA Riau

Sejak mendapatkan laporan tersebut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah melakukan mitigasi serta berupaya menghalau gajah liar yang masuk ke permukiman warga Pekanbaru itu.

Demikian yang diutarakan oleh Kepala Bidang Perlindungan Hutan BBKSDA Riau Ujang. Ia menyebutkan bahwa sejak tanggal 7 Juli 2023 lalu, pihaknya telah berupaya menurun tim mitigasi.

Di lain pihak, Kepala Bidang Wilayah II BKSDA Riau, Mustafa Nazura, Senin (17/7/2023), mengatakan bahwa kawanan gajah tersebut saat ini sudah berada di Tahura, Minas.

Proses penggiringan gajah tersebut dilakukan petugas dengan cara menyalakan mercun agar kawanan gajah menjauhi kebun dan permukiman warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.