Bayar Bus TMP Kini Mulai Wajib Nontunai

0
366
Bayar Bus TMP

Terhitung mulai tanggal 16 Juli 2023, naik bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) wajib bayar nontunai atau cashless. Nantinya semua pembayaran akan dilakukan melalui Brizzi maupun QRIS.

Diutarakan oleh Kepala UPT Bus TMP Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Sarwono, pihaknya menerima pembayaran tunai hanya sampai tanggal 15 Juli 2023.

“Di atas tanggal itu sudah wajib nontunai,” ucapnya, Rabu (12/7/2023).

Sosialisasi Terus Dilakukan

Sarwono menerangkan, Dishub Pekanbaru akan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bayar bus TMP Pekanbaru wajib nontunai itu. Meski ada sosialisasi selama tiga bulan, namun bukan berarti selama tiga bulan itu masyarakat bisa membayar dengan tunai.

Ia menjelaskan bahwa sosialisasi yang dilakukan salah satunya adalah dengan menjual kartu juga di dalam bus. Hal tersebut agar bisa digunakan oleh masyarakat saat naik bus TMP.

“Jadi bagi masyarakat yang tidak punya kartu bisa membelinya,” jelasnya.

Masih Banyak Kendala

Sarwono mengakui memang masih banyak kendala yang dihadapi dalam pembayaran TMP nontunai itu. Sebagai informasi, launching pembayaran nontunai bus TMP ini dimulai pada tanggal 23 Juni 2023 yang lalu.

Kendala yang dihadapi seperti halnya masyarakat yang sudah terbiasa dengan sistem ticketing atau menggunakan metode pembayaran secara nontunai itu.

Kendala selanjutnya adalah saat ini hanya bisa menggunakan kartu e-money Brizzi, sementara yang lainnya masih belum. Akan tetapi dompet digital sudah bisa semuanya.

Kemudian kendala lainnya, masih banyak masyarakat yang belum patuh, hingga masih banyak yang tetap bayar pakai tunai. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pendekatan dan sosialisasi agar masyarakat beralih menggunakan pembayaran nontunai.

Untuk diketahui, kartu Brizzi tersebut dijual dengan harga Rp25 ribu dengan isi saldo Rp5.000. Dengan demikian harga kartunya saja adalah Rp20 ribu.

“Sebenarnya Kami berharap juga agar BRI bisa menekan harga kartunya, supaya masyarakat tak terbebani,” tutup Sarwono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.