Destinasi Wisata Riau Yang Wajib Dikunjungi, Catat Tempatnya

0
1717
Destinasi Wisata Riau

Apakah Ncik dan puan berencana akan berkunjung dan berlibur ke Riau atau sedang berada di Riau namun bingung ingin berlibur ke mana? Nah, kami punya rekomendasi nih tempat destinasi wisata yang wajib Encik dan Puan kunjungi saat berlibur di Riau.

Dengan keindahan alam dan budaya melayu yang unik, Riau memiliki keindahan alam yang elok dan bangunan tua yang bersejarah. Berikut 7 destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Riau:

Destinasi Wisata Riau
1. Desa Okura

Taman Bunga Impian okura

Pertama ada Desa Okura, Desa ini berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak. Lebih tepatnya berada di Desa Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru.

Desa Okura ini sangat terkenal dengan kawasan Taman Bunga Impian Okura. Tak hanya itu, desa ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah serta atraksi seperti susur Sungai Ukai, Berkuda di Wisata Dakwah Okura, dan juga memanah.

2. Teluk Rhu Rupat

teluk rhu

Destinasi wisata yang kedua ialah Teluk Rhu, salah satu desa yang ada di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Teluk Rhu ini memiliki hasil alam yang banyak, seperti perikanan, peternakan, pertanian tanaman pangan, tanaman apotik hidup dan sebagainya.

Di teluk ini Encik dan Puan juga dapat melalukan beberapa kegiatan lainnya, seperti bermain pasir, belajar membuat ikan asin, dan lain-lain.

3. Bukit Kapur Hitam
Bukit Kapur Hitam
Sumber: IG
minigrandcanyonpku

Bukit Kapur Hitam merupakan destinasi wisata yang sangat instagramable yang sering sekali dikunjungi. Alasan kenapa Bukit ini dinamai dengan nama “kapur hitam”, yakni dikarenakan lokasi bukit ini berada di wilayah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

Ketika mendaki ke atas, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan kapur yang indah dengan warna putih kemerahan. Di sana juga terdapat beberapa lembah kapur yang cantik-cantik.

4. Bono
bono sungai kampar
Credit: Flickr Antony Colas

Selanjutnya tempat destinasi wisata yang dapat Encik dan Puan kunjungi ialah fenomena alam Sungai Kampar, Bono. Biasanya orang akan berselancar di laut, namun di sungai ini Encik dan Puan juga dapat berselancar loh.

5. Pulau Beting Aceh
Pulau Beting Aceh
Sumber: IG pariwisatabks_official

Destinasi wisata selanjutnya yang dapat Encik dan Puan kunjungi ialah Pulau Beting Aceh. Pulai ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Jaraknya hanya 48 km ke Port Dickson dan 62 km ke Melaka.

Alasan nama pulau ini “Beting Aceh” ialah dikarenakan “Beting” berarti tumpukan atau gundukan pasir. Dulunya cukup banyak saudara kita dari Aceh yang hendak ke Malaysia dan terdampar di pulau ini.

Di pulau ini Encik dan Puan dapat melihat betapa indahnya tempat ini. Pasir putih, langit biru sangat memanjakan mata ketika melihatnya.

6. Istana Siak

istana siak

Jika Encik dan Puan berkunjung ke Riau, tak lengkap rasanya jika tidak ke Istana Siak. Kesultanan Melayu ini menjadi daya tarik tersendiri, karena menyajikan sejarah dan budaya Melayu. Daya tarik dari Istana Siak tentu saja adalah bangunan istananya, yakni percampuran arsitektur Melayu, Arab, dan Eropa.

7. Candi Muara Takus
candi muara takus
Sumber : id.wikipedia.com

Destinasi yang harus kamu kunjungi saat datang ke Riau selanjutnya ialah Candi Muara Takus. Candi yang berlokasi di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah berbentuk candi yang berada di Riau. Candi ini merupakan bukti bahwa agama Budha pernah berkembang dikawasan ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.