Angkatan Kerja di Riau Per Agustus 2023 Capai 3,13 Juta

0
334
Angkatan Kerja di Riau

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat bahwa pada bulan Agustus 2023, jumlah angkatan kerja di Provinsi Riau mencapai 3,13 juta orang. Adapun hal itu berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas).

Kepala BPS Riau, Asep Riyadi menjelaskan bahwa Penduduk Usia Kerja (PUK) merujuk pada semua individu yang berusia 15 tahun ke atas. Sehingga jumlah penduduk usia kerja Provinsi Riau pada Agustus 2023 mencapai 4,86 juta orang.

Dia menjelaskan bahwa dari total penduduk usia kerja itu, sebagian besar merupakan angkatan kerja, yaitu sekitar 3,13 juta orang. Sedangkan sisanya termasuk dalam kategori bukan angkatan kerja, yakni sebanyak 1,73 juta orang.

Adapun komposisi angkatan kerja di Riau pada bulan Agustus 2023 terdiri dari 3 juta orang yang bekerja, dan 0,13 juta orang yang menganggur.

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, terjadi peningkatan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) jika dibanding dengan Agustus 2022. Dimana TPAK pada Agustus 2023 mencapai 64,45 persen, atau mengalami kenaikan sebesar 0,59 persen poin.

“Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ungkapnya, Senin (6/11/2023).

Ia juga menambahkan bahwa TPAK adalah persentase dari jumlah angkatan kerja terhadap total penduduk usia kerja.

“TPAK adalah cerminan berapa besar persentase penduduk usia kerja yang aktif,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.