Cara Bijak Menyikapi Kuliah Online

121
Kuliah Online

Bagi sebagian mahasiswa, kuliah online merupakan hal yang ribet. Namun percayalah, jika kalian bisa menerapkan cara bijak menyikapi kuliah online, maka semua akan terasa lebih mudah.

Memang, sejauh ini sistem perkuliahan di Indonesia khususnya Provinsi Riau kebanyakan masih menerapkan sistem tatap muka. Oleh sebab itu, banyak yang canggung dan gugup ketika beralih ke sistem online dengan situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Seiring perkembangan teknologi, sistem online akan menjadi tuntutan bagi setiap individu. Baik itu di dunia pekerjaan, bangku sekolah, bisnis, serta perkuliahan.

Oleh karena itu, kesiapan mental dan pengetahuan teknologi menjadi sangat penting dalam menyikapi kemajuan ini.

Bagi kamu mahasiswa yang sedang kuliah atau ujian online, berikut kami lansir beberapa cara bijak dalam menyikapi kuliah online:

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Sebelum melaksanakan kuliah, persiapkan segalanya dengan tenang dan tidak panik. Bacalah bahan yang akan dibahas dalam diskusi, kemudian carilah posisi duduk senyaman mungkin sehingga tidak mengganggu Encik dan Puan selama proses belajar.

Ketahui link dan kunci lokalnya

Poin ini menjadi sangat penting. Sebelum jadwal kuliah, Encik dan Puan harus mencari tahu link dan kunci lokalnya terlebih dahulu supaya bisa login terlebih dahulu sebelum kelas dimulai.

Cari jaringan WIFI yang kencang

kuliah dengan sistem online membutuhkan jaringan yang cepat dan anti lelet. Untuk itu, belilah kartu internet yang jaringannya bisa dimanapun, dan kalau bisa carilah tempat yang memiliki fasilitas Wifi yang lancar dan kencang.

Fokus pada sistem perkuliahan dan materi yang disampaikan

Selama kuliah berlangsung, kamu harus fokus dan tidak ada kegiatan lain seperti main handphone dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar kamu memahami materi yang disampaikan dosen dan tidak sia-sia mengikuti perkuliahan.

Mencatat poin penting yang disampaikan dosen

Catatlah apa yang disampaikan dosen jika menurutmu itu penting, simpan catatan tersebut dan pelajari kemudian setelah kelas usai atau waktu senggang lainya.

Kerjakan tugas tepat waktu

Jika berbicara masalah belajar dari rumah, sudah barang pasti tugas-tugas akan menumpuk. Untuk itu, jangan biasakan untuk menunda mengerjakan tugas. Encik dan Puan bisa mengangsur sedikit demi sedikit setiap harinya hingga selesai tepat waktu.

Istirahat dengan cukup

Jangan biasakan begadang meskipun dengan kondisi apapun ataupun mengerjakan tugas sampai larut malam. Karena, hal tersebut justru akan mengganggu kesehatan.

Usai jam pelajaran, istirahatkan dirimu. Jauhi dari barang elektronik seperti HP, biarkan tubuh kamu dan peralatan kamu istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan sesi kelas berikutnya.

Olahraga dan menerapkan pola hidup sehat

Belajar dari rumah tentu tidak membutuhkan banyak bergerak, untuk itu kamu harus rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat, ini juga bertujuan untuk kebaikan kesehatanmu.

Di tengah wabah penyakit seperti ini, kamu harus dituntut untuk pandai membagi waktu antara belajar, menenangkan pikiran dan juga untuk istirahat.

Itulah beberapa cara bijak menyikapi kuliah online seperti saat ini, semoga kamu dan kita semua selalu berusaha bijak dalam menyikapi masalah virus ini dan terhindar dari berbagai penyakit.