10 Tempat Jajanan di Pekanbaru

591
Tempat Jajanan di Pekanbaru

Kulineran menjadi gaya hidup bagi orang di kota-kota besar bahkan di Kota Pekanbaru, saat ini banyak sekali tempat jajanan di Pekanbaru.

Banyak orang mencari kudapan yang sifatnya makanan ringan sebagai pengganjal perut sebelum makan nasi atau pengganti nasi bagi yang tidak ingin makan nasi ketika sore hingga malam.

Nah bagaimana dengan encik dan puan sekalian? Suka dengan jajanan? Jajanan apa yang menjadi rekomendasi? Atau dimana lokasi pilihan Encik dan Puan untuk kudapan?

Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan beberapa tempat jajanan di Pekanbaru yang cocok untuk Encik dan Puan.

Depan kampus Universitas Riau (Unri) Panam

Warga yang tinggal di daerah Panam atau biasa disebut jalan lintas HR Soebrantas-Bangkinang pasti tidak akan asing berbelanja jajanan di tempat ini.

Ada banyak jajanan yang dijajakan di tempat ini seperti bakso bakar, jus, donat, tela-tela, pisang ovo, pisang kipas, dan lain sebagainya. Namun yang sering mencuri perhatian itu bakso bakarnya.

Banyak pembeli yang rela antri panjang demi membeli bakso bakar yang ada di depan kampus Unri Panam ini. Rasa baksonya yang gurih dan enak membuat bakso bakarnya banyak ditunggu pembeli.

Selain itu, setiap sore juga banyak pembeli yang jajan sambil duduk santai di taman depan Unri. Menikmati sore ditemani jajanan, menjadikan kenikmatan tertentu menanti maghrib tiba.

Stadion utama Riau

Stadion Utama Riau yang terletak di Jalan Nagasakti Pekanbaru, arena olahraga yang dijadikan sebagai area bermain bagi masyarakat.

Berolahraga, bermain, nongkrong tidak lengkap rasanya tanpa ada jajanan ya kan Encik dan Puan. Untuk itu, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu tempatnya kulineran di Pekanbaru.

Suasana hijau rumput liar yang ada di sekeliling stadion, menjadikan tempat ini sebagai lokasi berswafoto dan nongkrongnya orang-orang di Pekanbaru.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang

Hampir sama dengan tempat jajan di atas, RTH Integritas yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman ini menawarkan konsep kekeluargaan yang nyaman, dilengkapi dengan berbagai permainan anak-anak.

Selain itu, RTH ini juga ramai dikunjungi para pencari jajanan, seperti mie kerupuk kuah, sosis, bakso, nugget goreng, bakso bakar, telur gulung, tela-tela, sate, bakso dan lain sebagainya.

Biasanya pengunjung akan jajan sambil duduk di taman, menghabiskan waktu sore bercengkrama bersama keluarga, anak-anak, pacar, sahabat, atau orang terdekat lainnya.

RTH Tunjuk Ajar Integritas

RTH Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar Integritas memiliki konsep yang hampir sama. Yaitu ruang terbuka hijau untuk area bermain keluarga.

Tentu saja ditempat ini juga terdapat beraneka macam jajanan yang menarik perhatian untuk membelinya, aneka jajanannya juga hampir sama dengan RTH Kaca Mayang. Tempat ini terletak di jalan Ahmad Yani, persisi di depan rumah Dinas Walikota Pekanbaru.

Depan Unri Gobah

Sebenarnya depan Unri Gobah dan halaman belakangnya yakni Jalan Ronggowarsito, dikelilingi oleh berbagai macam kudapan. Baik yang skala makanan ringan bahkan makanan berat.

Di sepanjang jalur Unri Gobah dan SMK 3 Pekanbaru, banyak sekali yang bisa dibeli, seperti telor congkel, crepes, donat, es jagung, tahu bulat, jus, dan lain sebagainya.

Jalan Ronggowarsito

Tempatnya persis di belakang Unri Gobah atau biasa disebut Jalan Ronggowarsito Pekanbaru.

Di jalanan ini juga terdapat beraneka macam kuliner, mulai dari makanan khas Riau seperti mie sagu, dan bahkan makanan kekinian lainnya.

Bagi Encik dan Puan yang ingin jajan kekinian dan khas daerah dalam satu kawasan, tempat ini menjadi salah satu rekomendasinya.

Jalan Sam Ratulangi

Bagi masyarakat Riau khususnya warga Pekanbaru, jajanan di sekitaran jalan Sam Ratulangi sudah tidak asing lagi.

Jalan ini terkenal dengan pusatnya kuliner di Pekanbaru. Dari masa ke masa, banyak masyarakat yang melintasi jalanan ini hanya untuk sekedar membeli cemilan, dan bahkan tak jarang membelinya buat oleh-oleh.

Ada kerupuk kuah, kerupuk jengkol, gorengan, aneka kue basah, bahkan ada juga kue khas Riau seperti kue bolu komojo versi mini.

Taman PCR Rumbai

Taman ini berada di Jalan Umban Sari Rumbai, banyak masyarakat Rumbai dan sekitarnya menghabiskan waktu bersama keluarga di taman tersebut. Area taman ini dijadikan sebagai tempat olahraga, jogging, bermain, atau hanya sekedar duduk melepas penat.

Banyak pedagang yang memanfaatkan momen tersebut dengan berjualan aneka jajanan, yang pas disantap sewaktu santai menghabiskan hari-hari usai masa penat dengan tugas kampus, kantor, atau pekerjaan lainnya.

Berbicara masalah menu, tidak ada yang terlalu khas ditempat ini. Namun karena suasananya yang nyaman, menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh pembeli.

Area Tugu Keris

Tugu Keris ini terdapat di Jalan Diponegoro, konsep kawasannya memang kekinian banget. Banyak anak muda-mudi Pekanbaru mencari kulineran ke tempat ini.

Ada banyak jajanan hits di area tersebut, namun masalah harga tidak perlu khawatir karena dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal alias sesuai dengan kantong mahasiswa.

Jadi kalau mau cari tempat jajanan kekinian yang hits, penulis merekomendasikan area tugu keris ini menjadi tempatnya.

Depan Mall SKA

Berbicara masalah trotoar depan SKA, pasti kebanyakan orang berasumsi dengan baksonya. Iya, tempat ini juga terkenal dengan baksonya yang enak dan mengenyangkan.

Meskipun banyak pedagang jajanan lainnya seperti sate, miso dan lainnya, namun tempat ini terkenal dengan areanya bakso. Sangat banyak pedagang Bakso disini, namun tetap saja laris manis. Hingga terkenal dengan bakso pantai.

Bagaimana Encik dan Puan? Sudah pernah nyobain bakso pantai ini? Kalau belum, ayo silahkan mencoba karena rasanya tidak kalah dengan bakso ditempat lain, serta sensasi makan di trotoar menjadi keunikannya tersendiri.

Itulah 10 tempat jajanan di Pekanbaru yang menawarkan konsep dan keunikannya tersendiri, semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi Encik dan Puan yang ingin berburu kuliner di Pekanbaru.