Berkunjung ke wisata pemandian Sungai Hijau yuk - InfoPKU
Home » Berita » Berkunjung ke wisata pemandian Sungai Hijau yuk

Berkunjung ke wisata pemandian Sungai Hijau yuk


Bingung mau weekend kemana? Apalagi kita tahu Pekanbaru minim tempat Wisata, sehingga tidak ada salahnya kita berwisata ke “Sungai Hijau”.

7121

Sungai Hijau berada di Kecamatan Salo, Kampar. Jaraknya sekitar lima kilometer dari kota Bangkinang. Jika ditempuh dengan kendaraan roda dua dari Pekanbaru, sekitar satu setengah jam.

Mengapa dinamakan sungai Hijau? Karena adanya lumut dan ganggang di sekitaran sungai sehingga menyebabkan airnya berwarna hijau.

7132

Pemberian nama Sungai Hijau ini ternyata berasal dari sebutan pengunjung. Padahal, sejak dulu sungai ini bernama Sungai Salo.

Menurut masyarakat setempat, dulunya Sungai Hijau itu hanya satu. Namun sekarang terbagi dua, di atas dan di bawah.

Lokasi ini kini kian diminati oleh para pengunjung, terutama pengunjung dari Kampar, Kota Pekanbaru dan Rokan Hulu. Bahkan masyarakat Payakumbuh juga sering ke lokasi ini.

Pada awalnya kawasan ini sempat dipagar pemiliknya Hj Murni yang tidak setuju kebun karetnya dijadikan tempat wisata oleh masyarakat.

Akhirnya mimin memutuskan untuk ke tempat atas. Adapun biaya masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Sangat murah untuk bisa menikmati tempat “wisata pemandian Sungai Hijau atas” (sesuai dengan spanduknya).

7120

Setibanya disana terlihat ramainya para pengunjung. Ternyata sungainya memang berwarna Hijau. Sungai yang kecil dengan arus sedang dan sekitarannya dipenuhi lumut dan ganggang. Serta dibawahnya terdapat pasir bercampur batu kerikil dan airnya yang begitu jernih serta dingin. Sungguh pemandangan yang indah dan eksotis.

7124

Karena Sungai ini dangkal, maka tidak perlu takut tenggelam bila tidak bisa berenang :p Kedalamannya hanya sekitar setinggi lutut atau pun paha orang dewasa. Jadi, cocok untuk yang mau menghilangkan kejenuhan, penat dari kegiatan kerja atau pun sekolah.

Walaupun cuaca siang panas terik, tapi airnya tetap dingin lho. Saat kita mengambil pasir yang bercampur kerikil dari dasar sungai, airnya kembali jernih.

Bagi yang penasaran mau kesana dan takut nyasar. Nih mimin kasih petunjuk lokasinya. Harap dicatat ya 😉

Lokasinya sekitar tiga kilometer jalan lintas dari Bangkinang ke arah Provinsi Sumatera Barat. Setelah markas Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti atau Yonif 132/BS ada simpang tiga tugu batu belah. Kemudian belok ke kiri, lalu lurus terus hingga simpang empat. Lalu belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Disebelah kanan, akan ada tulisan Sungai Hijau atas. Kalau mau nyari yang bawah, tinggal lurus lagi.

Dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari Pekanbaru dan biaya masuknya yang murah, tidak ada salahnya kita berwisata kesana 🙂

About Admin